Resep Kue Terang Bulan Mini



Resep Terang Bulan Mini No Telur Astri Anjar Resep

Resep Terang Bulan Mini, Inovasi Jajanan Manis yang Ekonomis

Terang bulan mini merupakan inovasi manis terang bulan biasa yang dikemas menjadi lebih ekonomis. Jadi seperti halnya terang bulan biasanya, bahan dan cara pembuatannya pun sama. Semakin kesini, perkembangan jajanan ringan yang terkadang juga disebut sebagai martabak manis ini cukup pesat. Salah satunya yaitu dengan kemunculan inovasi terang bulan dengan bentuk mini ini. Lebih lanjut mengenai sejarah, fakta menarik, serta resep terang bulan mini sebagai berikut.

Sejarah Jajanan Nusantara Kue Terang Bulan

Terang bulan sebenarnya merupakan makanan manis yang merupakan nama anakan dari martabak manis. Di berbagai daerah, jajanan ini sendiri, sebenarnya tidak hanya memiliki dua nama itu saja. Namun nama-nama lain juga diberikan seperti kue apem pinang, kue apam balik, dan kue pangkal pinang.

Hanya saja, di Indonesia, penyebutan kuliner ini lebih akrab dengan nama martabak manis dan juga terang bulan. Hal itu karena terang bulan memiliki bentuk jajanan yang menyerupai bulan purnama. Bisa dibilang terang bulan sendiri merupakan jajanan asli Indonesia. Baca juga : Resep Martabak Manis Bangka Special

Jajanan manis ini, di Indonesia pertama kali dibuat oleh orang turunan Tiongkok yeng bermukim di daerah Bangka belitung. Tempo dulu, terang bulan memiliki nama sendiri, yaitu Hol lo pan, yang memiliki arti kuenya orang Hok Lo. Namun kini, di daerah Bangka nama Hok lo pan berganti menjadi martabak bangka. Sedangkan pada daerah lain seperti Bandung, terang bulan dikenal dengan nama kue Bandung.

Varian Rasa Kue Terang Bulan Masa Kini

Terlepas dari semua nama-nama tersebut, perkembangan jajanan terang bulan pun semakin pesat. Jajanan ini banyak digemari hingga kini inovasi baru dimunculkan. Salah satunya yaitu inovasi terang bulan mini. Menurut cerita, inovasi mini ini dibuat untuk memudahkan pecinta terang bulan menikmati jajanan dengan harga yang lebih ekonomis.

Adapun mengenai resep terang bulan mini, sebenarnya sama dengan terang bulan biasanya. Hanya saja, perbedaan keduanya terletak pada ukuran atau bentuk terang bulan. Jika terang bulan biasa dibuat dengan bentuk bundar dengan ukuran besar, untuk terang bulan mini bentuk lingkaran tersebut dibuat jauh lebih kecil.

Hal menarik lain dari perkembangan terang bulan, yaitu terletak pada topping. Dulu terang bulan hanya dibuat dengan topping cokelat dengan imbuhan bubuk kacang tanah saja. Namun di era modern ini, varian topping terang bulan mulai banyak dikreasikan. Diantaranya beragam varian topping terang bulan yaitu meises, ketan hitam, wijen, keju, gula pasir, atau bahkan selai dengan beragam rasa buah.

Resep Membuat Terang Bulan Mini Enak

Seperti halnya terang bulan biasa, terang bulan mini dibuat dengan bahan utama untuk pembuatan kue. Yakni tepung terigu, tepung tapioka, telur, mentega, fernipan, garam, gula pasir, sedikit baking powder dan juga air. Tidak hanya itu, siapkan pula bahan-bahan topping terang bulan sesuai dengan selera. Boleh meisis, kacang tanah cincang, keju, cokelat, atau topping lainnya.

Pembuatan terang bulan mini dimulai dengan mencampur semua bahan. Pertama, kocok telur dengan tambahan gula, garam, dan juga fernipan. Jika telur telah mengembang tambahkan tepung terigu dan tepung tapiko kemudian aduk perlahan. Selanjutnya, tambahkan pula mentega cair, aduk, dan diamkan adonan kira-kira sekitar 15 menit. Setelah proses pendiaman cukup, adonan terang bulan siap dipanggang.

Untuk membuat bentuk terang bulan mini, pemanggangan bisa Anda lakukan dengan menggunakan cetakan terang bulan kecil. Adapun untuk cara pemanggangannya, pertama tuang sedikit adonan terang bulan ke dalam cetakan hingga memenuhi setengah bagian cetakan. Selanjutnya, ambil sendok sayur kemudian buat celah tengah pada terang bulan yang digoreng dengan cara membenamkan sendok perlahan. Baca juga : Cara Membuat Martabak Shanghai

Setelah dirasa cukup, angkat sendok kemudian tunggu hingga adonan memunculkan lubang-lubang kecil. Selanjutnya taburi topping kemudian tutup cetakan. Jika permukaan terang bulan telah berwarna cokelat, angkat dan sajikan. Supaya tampilan makin cantik, anda bisa bermain dengan tatanan dan tambahan topping seperti cherry dan daun mint.

Gallery Resep Kue Terang Bulan Mini

Cara Membuat Terang Bulan Mini Enak Dan Manis

Resep Terang Bulan Lembut Asli Bangka Resep Dan Masakan

7 Cara Membuat Martabak Mini Manis Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Kue Terang Bulan Atau Martabak Manis

Resep Kue Terang Bulan Bolu Mini Pandan

Cara Membuat Martabak Mini Terang Bulan Mini Youtube

Resep Martabak Mini Terang Bulan Mini Oleh Arti Oktarina

Usaha Terang Bulan Super Mini Semakin Prospek Dan Trendy

Jual Martabak Manis Mini Terang Bulan Mini Kab Bekasi Sae Cake Tokopedia

Terang Bulan Indonesian Style Pancake

Resep Terang Bulan Mini

Resep Terang Bulan Mini Enak Dan Mudah Video Dailymotion

Cara Membuat Terang Bulan Mini

Terjual Loyang Martabak Manis Terang Bulan Bulat Dan Terang Bulan Mini

Toping Enak Terang Bulan Mini Station Corner Makassar Kuliner

Martabak Manis Terang Bulan Praktis Cukup Pake Teflon

Resep Terangbulan Mini

Resep Masakan Resep Terang Bulan

Resep Kue Terang Bulan Holland Asli Spesial Surabaya

Terang Bulan Mini Wiekefajargemilang

Cara Membuat Terang Bulan Teflon Resepkoki Co

Resep Martabak Unyil Terang Bulan Mini Hanya 2 Telur

34 Resep Terang Bulan Mini Lengkap Dengan Takaran Adonan

Jual Cetakan Terang Bulan Mini Dan Resep Anti Bantat Kab Kebumen Syahidah Katsuobushi Tokopedia

Martabak Terang Bulan Just Try Taste

Cara Membuat Terang Bulan Mini Yang Enak Dan Manis

Martabak Mini Terang Bulan Mini Enak Anti Eneg Youtube


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Terang Bulan Mini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel