Resep Memasak Gulai Kambing



Cara Membuat Gulai Kambing Yang Lezat Dan Antibau

Resep bumbu masakan gulai kambing dan cara memasaknya

Inilah bumbu gulai kambing spesial dengan dilengkapi petunjuk cara memasak gulai kambing komplit sehingga anda bisa mempunyai resep gulai kambing dengan cita rasa lezat. Resep masakan gulai kambing ini kadang diperlukan pada saat saat tertentu seperti saat hari raya kurban, saat acara aqiqah, atau acara selamatan keluarga lainnya. Seperti diketahui meskipun masakan gulai kambing sangat lezat namun kenyataannya masih belum banyak yang mahir cara buat gulai kambing. Yuk tulis resep gulai kambing yang pas untuk aqiqah anak dengan masakan sendiri.

Bumbu gulai kambing sebenarnya cukup sederhana, anda hanya menyediakan bumbu bumbu alami seperti : lengkuas, serai, daun salam, kayu manis, dan bumbu bumbu lainnya. Yang paling penting untuk membuat gulai yang enak tentunya ada sedikit trik trik tertentu dan hanya diketahui oleh sebagian orang saja, sehingga kadang saat menerapkan resep gulai kambing, eh ternyata rasanya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Cukup banyak resep kambing gulai yang terkenal saat ini, yakni : resep gulai kambing arab, resep gulai kambing solo, resep gulai kambing aceh, resep gulai kambing khas arab, resep gulai kambing betawi, resep gulai kambing ponorogo, resep gulai kambing khas solo, dan resep kambing gulai yang lain. Namun demikian sebenarnya cara memasak gulai kambing tidak jauh berbeda, demikian juga dengan bumbu bumbu yang digunakan.

Menu gulai kambing merupakan resep masakan nusantara ini identik dengan hari raya kurban, yang mana pada saat tersebut sangat banyak yang membuat masakan gulai spesial. maklum aja sebab pada hari raya idul adha tersebut sebagian besar dari kita mendapatkan jatah daging kambing kurban. Tentunya yang suka dengan daging kambing akan mencari resep gulai kambing dan mencoba untuk membuat masakan gulai kambing sendiri.

Bumbu gulai kambing arab biasanya memasukkan bahan bumbu kardamon atau sering disebut sebagai kapulaga arab. Meskipun demikian sebenarnya cita rasa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan resep gulai dari daerah lainnya. Demikian juga dengan gulai kambing solo, gulai kambing jakarta, dan lainnya. Sehingga dengan demikian bunda sekalian tidak perlu repot harus menggunakan resep memasak gulai kambing yang khas mana, sebab pada hakekatnya hampir mirip, baik rasanya maupun tampilannya.

Perlu bunda ketahui bahwa sebenarnya ada dua macam resep gulai kambing yang termasuk dalam kategori resep masakan tradisional ini, yaitu gulai kambing dengan kuah santan dan masakan gulai kambing tanpa santan. Hal tersebut sebenarnya hanya masalah selera aja. bagi yang suka santan tentunya lebih memilih membuat masakan gulai kambing santan, dan begitu juga sebaliknya. Bagi yang tidak terbiasa dengan kuah santan sebaiknya membuat kuah gulai tanpa memasukkan santan, sebab jika dipaksakan biasanya akan mengganggu saluran pencernaan.

Resep gulai kambing spesial ini akan admin jelaskan lengkap dengan petunjuk cara memasak gulai kambing yang enak dengan daging kambingnya matang dan tidak alot. Namun sebelumnya perlu bunda ketahui bahwa jika anda memasak daging, saya sarankan untuk memasukkan garam pada langkah terakhir. Artinya setelah daging empuk dan semua bahan bumbu telah masuk semua dan terakhir baru menaburkan garam. Hal ini cukup penting sebab garam menghambat lunaknya daging yang bunda masak.

Petunjuk lengkap cara memasak gulai kambing spesial

Bahan utama

  • Daging kambing ± 500 gram

Bumbu halus

  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah ± 6 buah
  • Kemiri sekitar 3 butir
  • Ketumbar : ± 1 sendok makan
  • Pala bubuk : ±¼ sendok teh
  • Jinten : ±¼ sendok teh
  • Jahe dan kunyit masing masing satu kerat ( seruas jempol tangan )
  • Bagi yang suka pedas bisa memasukkan cabe rawit merah paling tidak 4 buah ( selera )
  • Teh klabet dan teh adas masing masing paling tidak ¼ sendok teh
  • Garam dan gula pasir secukupnya.

Bahan bumbu pelengkap

  • Jika anda ingin kuah santan, maka sediakan 1 buah kelapa tua, lantas diparut dan buat santan kental sekitar 1 liter.. Jika ingin tanpa santan ( ditiadakan ).
  • Lengkuas sekitar satu ruas ibu jari
  • Serai paling tidak 2 batang
  • Sediakan juga cengkeh sekitar 6 buah
  • Daun salam 3 lembar
  • Kayu manis 1 batang, bisa potong menjadi 3 bagian
  • Kapulaga : ± 4 buah
  • Daun jeruk nipis atau bisa juga dengan daun jeruk purut sekitar 3 lembar
  • Bawang goreng secukupnya
  • Minyak goreng sedikit untuk menumis

Nah setelah semua bahan bahan dan bumbunya terkumpul semua, yuk mulai ikuti petunjuk cara membuat masakan gulai kambing cita rasa spesial enak ini.

Petunjuk lengkap cara memasak gulai kambing

  1. Bersihkan daging kambing dari segala kotoran, jika kotoran menempel kuat sebaiknya potong dan buang. Kemudian potong potong kecil sesuai selera, sebaiknya daging kambing jangan di cuci.
  2. Ambil cobek dan haluskan semua bahan bumbu halus dengan di uleg.
  3. Siapkan wajan yang cukup besarnya dan mulai menumis bumbu halus. Gunakan api kompor kecil saja. Aduk aduk bumbu halus hingga merata.
  4. Setelah mulai tercium bau harum, lantas masukkan bahan bumbu pelengkap. Aduk secara perlahan dan tetap dengan nyala api kompor kecil. Terus aduk aduk hingga benar benar matang dan tercium bau wangi dan harum.
  5. Sekarang masukkan air bersih secukupnya dan juga daging kambing yang telah di potong potong. Gunakan nyala api kompor sedang.
  6. Tunggu hingga daging empuk dan masukkan air santan. Jangan lupa terus mengaduk secara perlahan supaya santan tidak pecah.
  7. Tambahkan gula pasir sekitar 1 sendok teh dan juga garam secukupnya.
  8. Penggunaan garam sebaiknya tidak langsung banyak melainkan sedikit demi sedikit hingga rasa kuahnya sesuai dengan selera bunda.
  9. Angkat dan hidangkan

Saya rasa cukup mudah cara membuat masakan gulai kambing. Untuk hidangan lezat sebaiknya gulai kambing dihidangkan selagi masih panas dengan nasi putih hangat. Selanjutnya silahkan bunda mencoba resep masakan rendang daging empuk dengan bumbu meresap.

Gallery Resep Memasak Gulai Kambing

Videos Matching Cara Membuat Gulai Kambing Yang Enak Revolvy

5 Resep Gulai Kambing Sedap Kaya Rempah Untuk Menu Akhir Pekan

Cara Membuat Gulai Kambing Resep Masakan Indonesia

Resep Dan Cara Membuat Hidangan Lezat Gulai Daging Kambing

Yokitoriboy Keluarga Bahagia

Aneka Resep Gulai Kambing For Android Apk Download

Gulai Wikipedia

7 Cara Membuat Resep Gulai Kambing Bumbu Spesial Enak Gurih

Resep Masakan Gulai Kambing Bahan 400 Gram Daging Kambing

Aneka Resep Gulai Kambing For Android Apk Download

Cara Membuat Memasak Gulai Kambing Muda Enak Lezat

Gulai Ikan Batak Ihan Dekke Jurung Jurung Dentist Chef

Resep Gulai Kambing For Android Apk Download

Resep Gulai Kambing Khas Solo Oleh Linah Wibowo Cookpad

Index Of Wp Content Uploads 2018 07

Resep Gulai Kambing Spesial Untuk Dimakan Bersama Keluarga

Cara Membuat Gulai Kambing Madura Resep Masakan Masakan

Resep Dan Cara Memasak Gulai Kambing Cincang Media Literasi

Masak Gulai Daging Sapi Cara Masak Gulai Daging Sapi Cara

Resep Cara Membuat Kari Kambing Enak Gurih Dan Empuk Curry

7 Cara Membuat Resep Gulai Kambing Bumbu Spesial Enak Gurih

Resep Gulai Kambing Jawa Dan Arab Resep Masakan Kuliner

Resep Bumbu Masakan Gulai Kambing Dan Cara Memasaknya

Resep Gulai Kambing Enak Empuk Khas Semarang Resep Asik


Belum ada Komentar untuk "Resep Memasak Gulai Kambing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel