Resep Rendang Ayam Sederhana Rumahan



10 Resep Kerang Lezat Dan Sehat Ala Rumahan Seruni Id

Inilah resep bumbu rendang ayam pedas enak

Bumbu rendang ayam. Masakan ayam rendang sangat enak dengan dimasak pedas. Bumbu rendang ayam khas masakan padang ini menggunakan rempah asli alam indonesia. Inilah resep komplit masakan rendang ayam dan petunjuk lengkap cara membuat masakan ayam rendang khas indonesia. Sebagai bagian dari resep masakan lengkap tentunya rasa rendang daging ayam ini sangat asli nusantara yakni bercampurnya rasa gurih, pedas, asin, manis dalam satu cita rasa masakan sehingga saat dikunyah wow sangat mantap lezatnya.

Bumbu rendang selama ini menjadi monopoli resep rendang daging sapi yang sudah sering kita olah dan memang sangat lezat cita rasanya. Namun tentunya sangat baik jika mengganti bahan utamanya dengan daging ayam yang menurut pakar kesehatan merupakan bahan pangan yang lebih sehat dan tidak menimbulkan tumpukan kolesterol seperti halnya daging sapi. Dengan demikian tentu saja akan lebih menyehatkan jika di konsumsi oleh para orang tua yang cenderung memiliki kolesterol tinggi. Daging ayam bahkan bisa diolah dengan berbagai macam resep, baik resep tradisional maupun resep ayam ala barat yakni steak. Steak ayam ini sekarang sudah banyak di jual di mall mall, anda bisa mencobanya sendiri, dan sudah admin tulis resepnya secara jelas dan lengkap.

Nusantara cukup terkenal dengan aneka resep masakan ayamnya. Seperti masakan tradisional resep opor ayam yang memiliki cita rasa khas masakan opor bumbu kuning yang bukan saja enak, namun cocok dikonsumsi oleh semua golongan usia. Bumbu khas opor ayam ini juga segaris dengan bahan bumbu rendang ayam yang akan kita bahas sekarang ini. Anda tidak perlu bimbang dan takut karena belum pernah membuat masakan atam rendang ini. Dengan mengikuti tahapan dari mulai penyiapan bahannya hingga menjadi masakan ayam rendang yang enak cukup mudah, karena resep rendang ayam pedas ini kami pandu secara lengkap.

Masyarakat modern indonesia tidak harus pandai menyajikan masakan khas nusantara tradisional saja, namun juga mesti paham dengan berbagai jenis masakan masakan baru yang tetap memiliki sejarah kuliner indonesia. Daging ayam merupakan bahan lauk pauk yang lezat dimasak apa saja. Dengan ketrampilan dan ketekunan, maka sekarang sudah mulai banyak bermunculan jenis masakan baru seperti resep ayam mentega yang memiliki cita rasa dan aroma khas mentega goreng.

Bagi pecinta resep masakan pedas memang resep indonesia gudangnya. hal yang cukup wajar sebab berbagai daerah di nusantara ini memiliki resep pedas yang menjadi masakan khas daerah, sebut saja masyarakat manado yang mampu mempersembahkan resep ayam rica rica asli wong sulawesi sebagai penggemar masakan pedas. Dan ternyata juga cocok di lidah masyarakat indonesia khususnya para penggemar cita rasa pedas. Dengan demikian tentunya kita memang harus rajin rajin belajar membuat masakan enak untuk hidang keluarga tercinta.

Resep bumbu rendang ayam pedas

>> Bahan bahan rendang ayam >> Daging ayam : satu ekor, pilih yang gemuk atau sedang ukurannya >> Jeruk nipis : 2 buah

>> Garam dapur : secukupnya

Bumbu rendang ayam yang dihaluskan >> Bawang putih : ± 5 siung >> Bawang merah : ± 8 butir >> Jahe : ± ukuran jempol atau sekitar 3 cm >> Kemiri : sekitar 3 butir >> Ketumbar : ± 2 sendok teh peres >> Merica butir : ± ½ sendok teh >> Kunyit : cukup 1 hingga 1½ saja, biar mantap sebaiknya di bakar dahulu >> Cabe merah besar / keriting : secukupnya, sesuai selera pedas anda

>> Gula pasir dan garam : secukupnya, nanti gampang di tambah

Bahan pelengkap lainnya >> Santan kental : paling tidak 600 ml atau sekitar 3 gelas kopi. Buat santan kental dari 1½ hingga 2 butir kelapa yang sudah tua. Setelah dapat yang kental lalu buat lagi santan encer. >> Santan encer : ± 1½ liter >> Kelapa parut : cukup 150 gram saja dan pilih kelapa muda biar tambah mantap >> Daun kunyit : 2 lembar, ikat dan buat simpul >> Serai : 2 hingga 3 batang ( tergantung besarnya ) dan buang ujungnya >> Asam kandis : ± cukup satu buah saja

>> Daun jeruk : 5 atau 6 buah

Saya rasa bahan bahan untuk bikin masakan ayam rendang khas padang ini sudah cukup, namun bisa juga menghilangkan bahan cabe dan bahan bahan pedas lainnya jika nantinya akan dikonsumsi oleh balita, dan anda cukup saat makannya di tambah dengan sambal enak saja.

Cara membuat masakan rendang ayam

  1. Langkah pertama tentunya membersihkan daging ayam dari kotoran yang masih menempel dan potong potong sesuai dengan selera. Biar lebih mudah potong potong saat anda membelinya di penjual.
  2. Letakkan daging ayam potongan ini dalam wadah plastik dan lumuri dengan air jeruk nipis dan taburan garam secukupnya. Lantas diamkan sekitar 150 menit. Dan cuci kembali hingga bersih.
  3. Kemudian bilas hingga bersih dan rendam dengan air panas sekitar 10 menit. hal ini untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam.
  4. Langkah selanjutnya ambil wajan dengan besaran yang cukup dan masukkan santan encer dan rebus daging ayam dengan api sedang. Masukkan juga asam kandis, daun kunyit, dan juga daun jeruk. Dan awas jaga supaya air santan tidak pecah ya.
  5. Sementara itu uleg semua bahan bumbu halus dengan blender juga boleh, namun akan lebih mantap jika dihaluskan dengan ulegan.
  6. Lantas gongseng atau tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga matang dan tercium bau harum, masukkan juga kelapa muda parut, aduk aduk hingga matang dan harum. Kemudian masukkan dalam wajan pertama yang berisi rebusan ayam santan encer tadi.
  7. Masukkan juga santan kental dan tunggu hingga mendidih. Lantas kecilkan api dan sambil aduk aduk secara teratur supaya santan tidak pecah. Jangan lupa untuk cicipi cita rasanya. Anda bisa menambahkan lagi garam dan penyedap rasa atau royco hingga cita rasanya sesuai dengan selera.
  8. Jaga dan aduk aduk terus secara perlahan hingga santan mengental dan jaga jangan sampai mengering.
  9. Angkat dan sajikan.

Wah ternyata cukup mudah dan sederhana cara buat masakan ayam rendang. Sajikan dengan nasi hangat dan tambahan lauk lainnya biar lebih maknyus. Mengkonsumsi masakan yang berganti setiap hari tentu akan tidak cepat membosankan, dengan demikian coba juga masakan ikan dengan dibakar selain lebih sehat juga bagus untuk rolling masakan. Sebagai masukan bunda kalau bumbu ikan bakar mudah dan cepat cara buatnya. Meskipun demikian tentunya sekali waktu juga mencoba memasak sayuran berkuah, sehingga kebutuhan asupan vitamin tubuh menjadi lebih komplit. Salah satunya yang cukup enak yakni sayur lodeh. Bunda bisa mencoba resep sayur lodeh

Gallery Resep Rendang Ayam Sederhana Rumahan

Resep Steak Daging Sapi Saus Barbeque Rumahan Aneka Resep

15 Bekal Rumahan Masakan Ibu Yang Awet Dan Wajib Diketahui

Meski Sederhana 5 Masakan Ibu Ini Selalu Bikin Kangen Rumah

Resep Rendang Ayam

Resep Masakan Rumahan Sehari Hari Tradisional Indonesia

Resep Praktis Dimsum Udang Ayam Rumahan Yuk Bikin Sendiri Moms

Resep Rendang Ayam Yang Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah

Resep Semur Daging Sapi Sederhana Ala Rumahan By

Resep Semur Daging Sapi Kecap Bango Masakan Enak Yang Tidak Bikin Ribet

4 Resep Rawon Daging Spesial Yang Bahannya Cukup Sederhana

Resep Rendang Daging Padang Sederhana Dan Enak Dapat Dibuat

Bikin Spaghetti Itu Tak Sesulit Yang Kamu Kira 7 Resep

Resep Masakan Padang Praktis Sederhana Bahan Bahan Cara

17 Resep Masakan Padang Pilihan Khas Rumahan Paling Enak

Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana Resep

Resep Sederhana Rendang Ayam Lezat Dan Hemat Lifestyle

Videos Matching Nanas Tumis Daging Ayam Dijamin Enak Dan

Resep Rendang Ayam Sederhana Rumahan Yang Enak Dan Lezat

Berani Coba Rendang Yang Otentik Ini Dia Resep Rendang

Resep Rendang Ayam Yang Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah

Aneka Resep Minuman Rumahan Sederhana Menu Buka Puasa

6 Cara Membuat Kebab Sederhana Namun Tetap Lezat Toko

Resep Acar Rumahan Dan Cara Membuatnya Acar Timun Wortel


Belum ada Komentar untuk "Resep Rendang Ayam Sederhana Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel