Resep Kimchi Jjigae



Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi

Banyak cara menuju Roma, banyak cara pula untuk memanfaatkan kimchi yang telah berhasil kita buat selain dengan menyantapnya begitu saja yaitu dengan mengolahnya menjadi aneka masakan lainnya. Beberapa waktu yang lalu saya membuat satu wadah besar kimchi sawi putih - untuk resep kimchi anda bisa klik di postingan saya sebelumnya disini dan disini - kini rasa kimchi yang saya buat mulai terasa asam akibat proses fermentasi yang terjadi dan sepertinya waktu yang tepat untuk membuat sup kimchi yang lezat ini. Nama jjigae mengacu pada masakan sejenis sup dengan kuah yang banyak dimana berbagai jenis bahan bisa dimasukkan ke dalamnya, jika menggunakan kimchi maka namanya menjadi kimchi jjigae. Bahan lainnya yang umum ditambahkan ke dalam sup ini adalah daun bawang, bawang bombay, tahu, daging dan seafood. Umumnya, daging dan seafood dimasak dalam sup terpisah. Untuk membuat kimchi jjigae ini dibutuhkan kimchi yang telah memiliki umur simpan yang lama karena selain memiliki rasa dan aroma yang lebih kuah juga memiliki kandungan bakteri baik yang lebih banyak. 
Proses pembuatannya sendiri sangat mudah, semua bahan cukup anda masukkan jadi satu dalam wajan cekung dan masak hingga matang. Bumbu yang dipergunakan tentu saja berbeda dengan sup yang kita kenal umumnya, untuk membuat masakan ini anda membutuhkan bubuk cabai dan pasta cabai khas Korea. Untuk bahan yang terakhir ini anda bisa mendapatkannya di Korean atau Japanese Supermarket, biasanya di kemas dalam container plastik berwarna merah menyala. Bentuknya berupa pasta pekat dengan warna merah, terasa pedas dan manis. Seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya, mengenai betapa gemarnya saya menumpuk bahan dan barang di rumah dan ujung-ujungnya bahan menjadi kedaluarsa. Demikian juga yang terjadi dengan pasta cabai yang saya beli tahun lalu! Ketika kemarin hendak saya gunakan membumbui kimchi jjigae, saya lihat masa kedaluarsanya telah berakhir bulan lalu, dan ketika saya buka bungkusnya pasta yang seharusnya berwarna merah membara kini tampak kehitaman. Dengan berat hati, saya pun melemparkannya ke tempat sampah. Saya lantas menggantinya dengan saus sambal botolan ekstra pedas. ^_^
Umumnya kimchi jjigae menggunakan daging babi sebagai proteinnya, atau jika menggunakan seafood maka jenis ikan tuna yang biasanya dipakai. Saya memilih menggunakan daging sapi yang saya iris tipis agar mudah empuk kala di rebus. Memerlukan waktu cukup lama dan satu liter air untuk membuat daging menjadi nyaman untuk dikunyah. Sup yang asam segar dan pedas ini memang lezat untuk menemani semangkuk nasi putih pulen, apalagi dalam kondisi musim penghujan seperti ini. So yummy!

Ingin tahu resep dan prosesnya? Yuk kita lihat di bawah.

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi

Resep diadaptasikan dari web Maangchi.com - Kimchi Stew and Soybean Sprout Side Dish

Bahan:

- 200 gram daging sapi, potong tipis

- 500 gram kimchi, potong-potong sepanjang 2 cm - 2 batang daun bawang, potong sepanjang 2 cm - 1 buah tahu putih, iris tipis ukuran 3 x 2 cm  - 1 buah bawang bombay, iris melintang tipis - 1 1/2 sendok makan gula pasir - 1 sendok teh cabai bubuk - 1 sendok makan pasta cabai - 1 sendok teh kaldu instan - minyak wijen - 1 liter air

Cara membuat:

Siapkan wajan cekung, masukkan 1 liter air, masak hingga mendidih. Tambahkan irisan daging dan masak hingga daging benar-benar empuk. Jika air habis dan daging belum empuk, tambahkan kembali air dan masak hingga daging benar-benar empuk.

Masukkan kimchi,  bawang bombay, daun bawang, cabai bubuk, pasta cabai, dan gula pasir. Tambahkan air hingga semua bahan terendam

Masak dengan api besar selama 10 menit kemudian ganti menjadi api sedang dan masak selama 15 menit hingga semua bahan matang. 

Tambahkan irisan tahu, dan masak hingga semua bahan matang sekitar 5 menit. Angkat dan sajikan dengan menambahkan sedikit minyak wijen. Yummy!

Sources:

Web Maangchi.com - Kimchi Stew and Soybean Sprout Side Dish Wikipedia - Kimchi jjigae

Gallery Resep Kimchi Jjigae

Resep Kimchi Jjigae Nabe Oleh Asshabirah S Kitchen Resep

Resep Ultimate Kimchi Jjigae Oleh Bernadette Cookpad

Resepi Kimchi Jjigae Kimchi Stew Halal

Resep Kimchi Jjigae Ala Rumahan Yang Mudah Youtube

Spicy Kimchi Stew Kimchi Jjigae Or Kimchichigae

Kimchi Soondubu Jjigae

Resep Dan Cara Membuat Sup Kimchi Kimchi Jjigae Yang Mudah Dan Enak Dapur Nidya

Kimchi Jjigae Kimchi Stew 김치찌개 Best Korean Food

Resep Mamieh For Android Apk Download

Budae Jjigae Army Stew

Chamchi Kimchi Jjigae

Resep Kimchi Stew Kimchi Jjigae 김치찌개 Oleh S L Sanni

Tuna Kimchi Jjigae Facebook

98 Resep Kimchi Jjigae Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Kimchi Jjigae Soup Korea Oleh Shirley Ns Cookpad

Spicy Kimchi Stew Kimchi Jjigae Or Kimchichigae

Doenjang Jjigae Korean Soybean Paste Stew Korean Bapsang

Kimchijjiage Hash Tags Deskgram

Kimchi Nabe キムチ鍋 Just One Cookbook

Kimchijjiage Hash Tags Deskgram

Resep Kimchi Jjigae Sup Kimchi Ala Anak Kos Oleh Leonie

Jjigae Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Kimchi Jjigae

How To Make Sundubu Jjigae Cara Membuat Sundubu Jjigae

Mister Ransel Never Looked So Good Kimchi Resto

Kimchi Jjigae 김치찌개

Resep Masakan Korea Lengkap For Android Apk Download

Kimchi Stew Recipe Cooking Korean Food With Maangchi

Pinterest Pinterest


Belum ada Komentar untuk "Resep Kimchi Jjigae"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel