Resep Donat Tanpa Ragi



Resep Donat Sederhana For Android Apk Download

Cara Membuat Roti Tanpa Ragi dengan Tekstur yang Tetap Empuk dan Lembut

Hati-hati penipuan mengatasnamakan Maksindo. Beli mesin Maksindo hanya di cabang resmi dan transfer ke Rekening Perusahaan Maksindo. Semua transaksi dianggap sah, jika pembayaran dilakukan ke rekening atas nama perusahaan. Bukan rekening pribadi.

Pada proses pembuatan roti peran ragi sangat penting karena untuk mengembangkan adonan roti. Ragi adalah bahan tambahan yang memengaruhi adonan roti untuk berkembang sebelum dipanggang. Ragi membuat roti lebih empuk karena dapat mengeluarkan gas yang membuat udara atau angin dalam adonan roti. Masyarakat cenderung menyukai roti yang empuk, padahal sebenarnya empuknya roti manandakan semakin banyak udara yang terkandung didalamnya. Asal Anda tahu kalu ragi sebenarnya tidak baik untuk tubuh Anda jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi ragi, apalagi kalau ragi instan. Aalangkah baiknya jika Anda  membuat roti tanpa menggunakan ragi maka roti yang Anda konsumsi akan sehat tanpa bahan pengawet atau bahan tambahan lainnya.

Ragi yang ditambahkan dalam adonan roti itu berfungsi menfermentasikan adonan roti sehingga adonan dapat mengembang. Saat fermentasi berlangsung ragi mengubah gula dan karbohoidrat menjadi karbondioksida dan alkohol. Sebetulnya roti tanpa ragi memang tekstur yang dihasilkan akan lebih keras dan padat, tetapi justru bertekstur yang keras ini baik untuk dikonsumsi. Seperti halnya di negara Barat memiliki roti yang mayoritas teksturnya keras, bahkan di beberapa negara orang kerap menambahkan biji-bijian pada roti. Kandungan biji-bijian tersebut diunggulkan karena terkandung banyak serat. Dalam budaya yahudi, roti tanpa menggunakan ragi merupakan jenis roti yang telah dipilih saat merayakan hari paskah. Sebab dalam hukum agama yahudi, roti yang dibuat dengan menggunakan mencampur ragia adalah haram.

Maka dari itulah roti tanpa menggunakan ragi justru dinilai lebih sehat daripada yang menggunakan ragi. Anda dapat menggunakan ragi alami dalam membuat roti, memang membuat ragi alami memakan waktu 8 hari, namun hasilnya akan lebih bagus dan sehat. Ragi alami bisa dibuat dari buah-buahan diantaranya adalah kismis, manggis, apel, anggur, jambu biji, jeruk, kurma stawberry, tape, tomat dan pisang. Nah, sekarang akan dibahas bagaimana cara membuat roti tanpa ragi dan roti apasaja yang akan tetap enak rasanya walau tidak menggunakan ragi. Simak yuk ulasan berikut ini.

1. Resep Membuat Roti Pizza tanpa Ragi

Bahan-bahan :

  • Waktu persiapan: 15 menit
  • Waktu pemasakan: 15 sampai 25 menit
  • 450 g tepung
  • 3 sdt (13 g) bakpuder (baking powder)
  • 1 sdt (6 g) garam
  • 1 sdm (15 ml) minyak zaitun
  • 180 – 240 ml air

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung, bakpuder dan garam dalam mangkuk sedang . Tambahkan air hangat dan minyak.
  2. Aduk semua bahan bersama-sama hingga adonan itu membentuk bola. (Tambahkan air lagi jika adonan masih terlalu kaku.)
  3. Pindahkan adonan ke meja atau tempat yang sudah ditaburi tepung dan uleni lembut selama beberapa menit. Adonan harus lembut, tetapi tidak lengket. Taburkan sedikit tepung pada adonan jika masih terlalu lengket untuk diuleni.
  4. Letakkan dan lebarkan adonan pada loyang piza atau loyang datar. Ratakan adonan sehingga rata dan halus.
  5. Oleskan minyak zaitun atau mentega cair di atas adonan kulit piza dan taburi dengan bubuk bawang putih sebelum dipanggang. Tambahkan beberapa campuran rempah ke dalam adonan kulit piza sebelum dipanggang.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 204°C selama 15 – 25 menit .
  7. Keluarkan kulit piza dari oven dan tambahkan taburan (topping) piza yang Anda inginkan.
  8. Tambahkan sejumput bumbu piza italia untuk rasa yang lebih nikmat. Bisa membelinya di pasar atau swalayan yang menyediakan atau Anda bisa membuat nya sendiri dengan bubu bawang putih, rosemary, daun kemangi dll sesuai selera.

2. Resep Membuat Roti Gulung Pisang Kayu Manis Tanpa Ragi

Bahan-bahan :

  • 280 gr tepung terigu protein tinggi
  • 4 sdt baking powder
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm mentega
  • 200 ml buttermilk (saya pakai susu cair + 1 sdm air perasan jeruk lemon)
  • 1 btr kuning telur + 1 sdm susu cair, untuk olesan
  • Gula pasir secukupnya, untuk taburan

Bahan Isi :

  • 3 bh pisang kepok matang, rebus, kupas kulitnya, lumatkan dengan garpu
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm mentega
  • 1½ sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat :

  1. Hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan mencampur tepung terigu baking powder, gula pasir, garam dan mentega secara bersamaan. Uleni atau mixer dengan memakai tangkai ulir hingga tercampur rata.
  2. Masukkan buttermilk sedikit-sedikit sambil dimixer hingga kalis.
  3. Gilas tipis adonan memanjang berbentuk persegi panjang. Beri bahan isi hingga menutupi seluruh permukaan dough, ratakan.
  4. Gulung dari satu sisi ke sisi lainnya seperti menggulung karpet atau bolu gulung. Potong-potong berjarak kira-kira cm.
  5. Masukkan ke dalam loyang cetakan muffin/cupcake yang telah diolesi mentega. Olesi permukaannya dengan bahan olesan. Taburi gula pasir.
  6. Panggang pada suhu 200 °C selama 15 menit atau hingga kuning kecoklatan. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan oles permukaanya dengan saus karamel, selai aprikot atau selai jeruk.

Menggunakan mesin oven gas yang super canggih dengan type MKS-GO11 dari Maksindo makan cara membuat roti tanpa ragi akan cepat selesai dan mudah karena ada temperatur suhu 20-300 derajat celcius yang terdapat thermost pengatur suhu dan timer. Ada digital temperatur display, dan dimensi mesin lebih besar dibanding oven sejenisnya. Anda tertarik kan dengan mesin oven gas Maksindo ini dengan KLIK DISINI.

3. Resep Membuat Roti Martabak Manis Tanpa Ragi

Bahan-bahan :

  • 250 gr tepung terigu serbaguna
  • 2-3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt baking soda / soda kue
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 1/2 gelas air matang
  • 1 btr telur ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 gelas air matang

Bahan Toping  :

  • gula pasir, secukupnya
  • margarin, secukupnya
  • susu kental manis, secukupnya
  • keju cheddar parut, secukupnya
  • coklat meses, secukupnya
  • apa saja sesuai selera

Cara Membuat :

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir, baking soda, garam, dan vanili bubuk. Aduk merata.
  2. Tuangkan segelas air secara bertahap, sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula, aduk hingga air dan campuran tepung menyatu. Setelah itu, aduk menggunakan mikser dengan kecepatan rendah hingga adonan lembut. Perhatikan teksturnya, jika adonan terlalu kaku maka bisa ditambahkan lagi air matang secukupnya.
  3. Tutup adonan menggunakan serbet bersih dan biarkan adonan selama kurang lebih setengah jam.
  4. Setelah didiamkan, adonan siap untuk diproses lagi. Sekarang masukkan bahan B, yaitu berupa telur ayam, baking powder dan setengah gelas air matang.
  5. Mikser adonan dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur merata.
  6. Panaskan teflon diatas api sedang, cenderung kecil. Tunggulah sampai panasnya merata dan benar-benar panas setelah itu oleskan sedikit margarin pada permukaannya.
  7. Tuangkan adonan martabak secukupnya, lebarkan adonan hingga ke pinggiran teflon untuk membentuk lapisan pinggir yang tipis dan renyah.
  8. Adonan martabak biarkan diatas api sedang sampai terlihata ada gelembung-gelembung udara dan martabak menjadi setengah matang.
  9. Taburkan gula pasir diatasnya, kemudian tutuplah teflon dan kecilkan api. Masak hingga matang.
  10. Setelah matang, segera olesi permukaanya menggunakan margarin.
  11. Taburkan topping diatasnya sesuai selera, seperti keju cheddar parut dan coklat meses butiran. Siram dengan susu kental manis.

4. Resep Membuat Roti Khas Chapati Tanpa Ragi

Bahan-bahan :

  • 3 cangkir tepung chapatti (juga dikenal sebagai tepung atta atau gandum durum) ATAU 1 ½ cangkir tepung gandum utuh + 1 ½ cangkir tepung terigu biasa
  • ½-1 sendok teh garam (opsional)
  • Kurang lebih 1 sendok makan ghee (mentega yang dijernihkan) atau minyak
  • 1-1½ cangkir air hangat (1 cangkir = 240 ml)

Cara Membuat :

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah mengayak tepuk untuk memilih tepung yang terbaik, kemudian Anda juga harus mengggunkan minyak yang bagus.
  2. Setelah semua telah disiapkan maka tambahkan ghee atau minyak kira-kira 1 sendok teh ke dalam tepung agar teksturnya nanti dapat lunak, gunakan mixer agar hasilnya lebih cepat dan bagus.
  3. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam tepung agar adonan yang tadinya berbutir-butir saat dicampur minyak dapat menyatu membentuk bulatan dan adonan menjadi lebih lembut serta sedikit lengket. Sebaiknya Anda juga menggunakan mixer.
  4. Sebelum didiamkan adonan kurang lebih 30 menit, adonan yang telah diuleni, olesi adonan dengan ghee atau minyak tipis-tipis kemudian tutup dengan kain atau tisu makan yang telah dibasahi.
  5. Panaskan wajan yang akan digunakan untuk memasak roti diatas api sedang.
  6. Selanjutnya siapkan alat untuk menggilas adonan. Taburi sedikit tepung diatas penggilasan untuk melapisi di tangan Anda selagi Anda menangani adonan dan untuk alat penggilasan juga agar tidak lengket.
  7. Uleni adonan yang telah didiamkan tadi kurang lebih satu atau dua menit sampai adonan lentur. Bagilah adonan menjadi bulatan ukuran yang sama dengan diameter 5 cm.
  8. Lalu pipihkan adonan dengan menaburi kedua sisi adonan dengan tepung, gilaslah dengan alat penggilas. Bentuk lingkaran dengan diameter 15,2 – 20,3 cm.
  9. Mulailah masak roti chapati diatas wajan yang telah dipanaskan selama sekitar 15-30 detik. Baliklah dengan pelan-pelan setelah tekstur atasnya terlihat ada gelembungnya.
  10. Angkatlah roti chapati jika roti yang telah dibalik juga telah terlihat ada gelembungnya. Dan sajikan untuk keluarga tercinta Anda.

5. Resep Membuat Roti Donat Kentang Tanpa Ragi

Bahan-bahan :

  • 200 gram kentang, kukus, kemudian dihaluskan.
  • 2 sendok makan baking powder.
  • 150 gram gula pasir.
  • 100 gram gula halus untuk taburan.
  • 0,25 sendok teh garam.
  • 300 gram tepung terigu protein tinggi.
  • 100 gram tepung terigu protein sedang.
  • 200 mililiter susu segar.
  • 1 butir telur ayam.
  • 2 sendok makan margarin.
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Cara Membuat :

  1. Masukkan tepung terigu protein sedang, gula pasir, baking powder, garam, dan tepung terigu protein tinggi, aduk rata. Tambahkan ketang, aduk dengang menggunakan tangan sampai tercampur rata. Tambahkan telur dan susu segar, ulenis sampai kalis. Tambahkan margarin, ulenis sampai elastis, diamkan selama 30 menit sampai mengembang.
  2. Setelah mengembang, kempiskan adonan, bagi menjadi potongan kecil (disesuaikan dengan ukuran donat yang diinginkan), diamkan kembali sampai 10 menit. Setelah itu, pipihkan adonan, beri lubang di bagian tengah, susun di loyang yang sudah ditabur tepung terigu, diamkan selama 30 menit.
  3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng, goreng adonan donat dengan menggunakan api sedang sambil dibolak-balik sampai berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat, tiriskan, diamkan sampai suhunya normal.
  4. Susun di wadah saji, taburi gula halus, donat tanpa ragi yang empuk dan mengembang siap dihidangkan.

Demikianlah cara membuat roti tanpa ragi yang dapat Anda coba sendiri pastinya hasilnya juga enak dan empuk. Mulailah membuat roti dari yang termudah dahulu, apabila hasilnya nanti enak dan empuk Anda bisa mencoba resep membuat roti tanpa ragi yang lainnya. Semoga berhasil.

Gallery Resep Donat Tanpa Ragi

3 Cara Membuat Donat Goreng Yang Lembut Empuk Dan

Resep Donat Kentang Sebagai Sajian Buka Puasa Yang Sehat

Resep Donat Kentang Empuk Tanpa Ragi Praktis Menuresepkue

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna Bisabo

10 Cara Membuat Donat Mudah Sudah Dicoba Cara Membuat Id

Resep Donat Mochi Atau Pon De Ring Resep Kuliner Cookpad

Resep Mudah Membuat Donat Oven Yang Empuk Ala Yosi

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang Dan Lembut

Resep Donat Kentang Non Gluten Lucy Wiryono

Resep Dan Cara Membuat Kue Donat Tanpa Telur Yang Tetap

5 Resep Donat Jco Spesial Empuk Dan Lembut Resep Makanan

Resep Donat Kilat Tanpa Ragi Super Cepat Dan Lembut Empuk Montok

Hanya Bermodal Wajan Penggorengan 5 Resep Donat Lezat Ini

Cara Mudah Membuat Resep Donat Madu Empuk Bandung

Resep Donat Kentang Tanpa Ragi N Bp Oleh Ovie Dian Cookpad

7 Cara Membuat Donat Madu Enak Empuk Dan Mudah Dibuat

Resep Donat Tanpa Ragi Tetap Empuk Dan Mengembang Kue Dan

Sempet Virall Ini Cara Membuat Donat Goreng Yang Super Duper

Resep Donat Kentang Tanpa Ragi No Proofing No Knead Oleh

Resep Donat Tanpa Ragi Tanpa Ulen Rabubaru 10 Oleh Nila

Cara Membuat Donat Tanpa Telur 1 2 Kg Tepung Jadi 55 Buah


Belum ada Komentar untuk "Resep Donat Tanpa Ragi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel