Resep Ayam Goreng Ukep



Resep Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning Meresap Tanpa

Resep Ayam Goreng Rumahan yang Gurih dan Empuk

FOLLOW detikFood  
Tim detikFood - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 17:56 WIB
Jakarta - Ayam goreng jadi lauk rumahan favorit banyak orang. Membuat ayam goreng tak sulit karena cukup menyiapkan ayam segar dan bumbu rempah populer.Ayam goreng mudah ditemui di berbagai rumah makan atau restoran. Selain itu, ayam goreng juga jadi menu andalan di banyak rumah tangga. Olahan ayam sederhana ini disukai karena rasa gurihnya meresap.
Foto: iStock
Jenis Ayam Goreng
Foto: Istock
Ada dua jenis ayam goreng populer yaitu ayam goreng berbalut tepung (fried chicken) dan non-tepung. Untuk ayam goreng non-tepung biasanya memakai beragam rempah untuk memarinasi daging ayam sebelum digoreng. Jenis ayam goreng ini juga sering disebut ayam goreng tradisional atau rumahan.Soal cita rasa ayam goreng tepung yang enak, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Ilmuwan mengungkap ada reaksi kimia dalam pembuatan ayam goreng tepung yang membuat rasanya nikmat.Ketika daging sudah dimarinasi dan diberi tepung, seharusnya digoreng dengan suhu 150-190 derajat Celcius. Suhu ini menyebabkan minyak memproduksi senyawa yang dikenal dengan trigliserida.Senyawa itu merupakan komponen utama dari lemak tubuh manusia yang terkenal dengan rasa gurih enak. Selain itu, saat menggoreng ayam goreng tepung juga muncul gelembung yang membuat tekstur ayam goreng tepung renyah.

Asal-usul Kepopuleran Ayam Goreng

Foto: Istimewa
Meski Amerika Serikat menjadi 'rumah' waralaba ayam goreng populer dunia, ayam goreng nyatanya tidak lahir di Amerika. Sebelumnya ayam goreng sudah ada di China, Timur Tengah, hingga Afrika.Penduduk di negara itu mengolah ayam yang sudah tua dan tidak bisa bertelur lagi. Hal ini dikarenakan ayam yang sudah tua dagingnya cenderung keras sehingga mereka mengolahnya dengan bumbu dan menggorengnya agar teksturnya tak terlalu keras.Selain itu, pada zaman dahulu ayam hanya diperbolehkan dipelihara kalangan kulit hitam. Tak heran berbagai restoran menghadirkan menu ayam goreng yang merupakan menu populer bagi warga berkulit hitam.Perlu diperhatikan, tidak semua ayam cocok untuk digoreng. Misalnya ayam yang sudah tua maka dagingnya lebih keras dan harus digoreng lebih lama. Di Amerika, saat musim semi dan musin panas, ayam menjadi makanan yang cukup langka.Setiap negara di dunia juga punya olahan ayam goreng berbeda. Salah satunya di Korea, ada ayam goreng tepung atau chikin yang digoreng dua kali lalu dilumuri saus asam manis.

Sementara itu di Jepang, ayam goreng tepung dibuat dari fillet ayam saja atau disebut karaage. Sedangkan di Senegal, ayam dilumuri dengan tepung kelapa.

Ayam goreng yang sudah dibaluri tepung masuk ke dalam kategori junk food. Jenis makanan ini tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terus-menerus. Namun ada menu ayam goreng lain yang lebih tidak sehat. Di Nashville, ayam yang sudah digoreng akan direndam ke dalam minyak yang diberi bumbu pedas. Hal ini akan meningkatkan nilai kalorinya sehingga menjadi makanan yang lebih tidak sehat.Nah, dalam menggoreng ayam goreng, ada tiga metode yang populer. Pertama, deep-fried yang biasa dilakukan di restoran siap saji dengan penggunaan banyak minyak hingga merendam potongan ayam. Kedua pressure-fried dimana ayam digoreng dengan menggunakan pressure-cooker. Yang terakhir metode pan-fried dimana ayam digoreng di atas wajan lalu dibolak-balik sampai semuanya matang merata. Metode terakhir inilah yang umum dilakukan.

Mengenai bumbu ayam goreng, di Indonesia yang terkenal kaya akan rempah ini biasanya ditambahkan bumbu untuk menciptakan ayam goreng dengan cita rasa berbeda. Diantaranya ayam goreng dengan sentuhan manis, asam, gurih, berkuah, hingga pedas. Lantas bagaimana cara membuat ayam goreng gaya rumahan yang empuk? Resep detikFood berikut bisa dijadikan panduan.

Ayam goreng rempah ini paling nikmat disajikan hangat-hangat. Jodoh paling pasnya, nasi putih plus sambal terasi. Selamat mencoba!

(nwy/adr)

Gallery Resep Ayam Goreng Ukep

Ayam Goreng Rempah Empuk Hasil Ungkep

Resep Ayam Goreng Lengkuas Ayam Ungkep Bumbu Kuning Jtt

Info Cihuy Ayam Goreng Ungkep Gula Merah

Resep Ayam Goreng Empuk Bumbu Ungkep Gula Merah Oleh Icha

Resep Ayam Goreng Ungkep Bumbu Sangat Praktis

Resep Ayam Goreng Ungkep Bawang Putih Oleh Diana Az Cookpad

Ayam Goreng Ungkep Kulinerbunda

Crispy Yellow Fried Chicken

Cara Membuat Bumbu Ungkep Ayam Goreng Yang Enak Dapur

Ayam Goreng Ungkep

Resep Ayam Ungkep

Resep Ayam Goreng Padang Bumbu Lengkuas Favorit Bunda

Aneka Resep Ayam Ungkep Yang Khas Kuahnya Bisa Kamu Masak

Resep Ayam Goreng Ungkep Dan Sambal Terasi

Resep Ayam Goreng Tabur Tepung Dgn Bumbu Ungkep Oleh Diana

Resep Ayam Goreng Ukep Santan Oleh Diahsari Cookpad

Resep Ayam Goreng Praktis Tanpa Ungkep Enaak

628 Resep Ayam Goreng Ungkep Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Ayam Kampung Ungkep Bumbu Geprek

Bikin Sendiri Ayam Ungkep Untuk Sajian Ramadan Dengan Cara

Resep Ayam Ungkep Archives Tipsberbagi Com

Resep Ayam Goreng Ungkep Yang Nikmat Dan Gurih


Belum ada Komentar untuk "Resep Ayam Goreng Ukep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel