Resep Abon Tongkol



Resep Abon Ikan Tongkol Nan Gurih Just Try Taste

Resep Abon Ikan Tongkol, Manfaat Dan Peluang Usahanya

Baiklah pada artikel kali ini akan membahas tentang Resep Abon Ikan Tongkol, Manfaat Dan Peluang Usahanya.

Sajian lezat abon dari ikan tongkol gurih ini lumayan istimewa dengan racikan bumbu khusus sehingga cocok untuk teman makan nasi.

Abon biasanya terbuat daging sapi, ternyata abon dapat dibuat dari ikan juga. Selain ikan tongkol abon juga dapat dibuat dari ikan tuna, ikan gabus, ikan tenggiri, ikan lele, ikan bandeng, udang, belut, ikan cakalang, dll. Itulah tadi macam – macam jenis abon ikan dari jenis ikannya.

Aneka olahan Resep Abon Ikan Tongkol ini banyak sekali varian dan juga variasinya dengan aneka rasa manis, asin, pedas, pedas manis, dll.

Abon terlihat seperti serat-serat kapas, sebab didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, Resep Abon Ikan Tongkol biasanya awet disimpan berminggu-minggu sampai berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Juga selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi, ayam, kambing, kuda, babi, kelinci, kambing, dan domba), ada beberapa abon yang pembuatannya menggunakan bahan dasar dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, juga sebagai isi lemper abon dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal pada daging sapi, sehingga orang mengenal ‘abon sapi’. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan ialah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing.

Di China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut juga Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah-daerah di sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga dapat di temui di kota Palembang dan Pontianak.

Resep Abon Ikan Tongkol Gurih Pedas

Bahan Resep Abon Ikan Tongkol Gurih Pedas :

  • Pertama, 1 kg ikan tongkol segar
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • garam sebanyak 1 sdt
  • daun salam sebanyak 2 lembar
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdt garam
  • gula merah sisir sebanyak 1 sdm
  • Lalu 1 sdm air asam dari 1 sendok teh asam dilarutkan dalam 1 1/2 sendok makan air
  • Terakhir, 5 sdm bawang merah goreng

Bumbu Halus Resep Abon Ikan Tongkol Gurih Pedas:

  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt merica
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 4 butir kemiri, disangrai

Langkah Membuat Resep Abon Ikan Tongkol Gurih Pedas:

  1. Langkah pertama, umuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Cuci bersih.
  2. Lumuri ikan tongkol dengan garam, lalu kukus 25 menit sampai matang.
  3. Buang tulang dan kulitnya, suwir-suwir kasar dagingnya, lalu sisihkan.
  4. Panaskan minyak.Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk sampai harum, kemudian masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai kental.
  5. Tambahkan juga daging ikan, aduk sampai setengah mengering. Masukkan air asam, lalu aduk-aduk sampai kering.
  6. Masukkan bawang merah goreng, aduk secara rata.
  7. Terakhir, sajikan untuk 450 gram.

Resep Abon Ikan Tongkol + Tempe

Bahan Resep Abon Ikan Tongkol + Tempe:

  • Pertama, 1 kg ikan tongkol
  • Kemudian 1 papan tempe
  • Bawang kering sebanyak 1 prapat
  • Bumbu halus
  • 30 buah cabe rawit klo suka pedas tmbahin
  • 5 siung bawang putih
  • kunyit sebanyak 1 ruas
  • Jahe sebanyak 1 cm
  • Laos sebanyak 1 cm
  • Lada1 sendok teh
  • 1 sdm gula yg mau pke kecap bisa tp q pke gula
  • Merica sebanyak 1 sdt
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Lalu 1 masako rasa sapi
  • Terakhir, minyak untuk mngoreng

 Langkah Membuat Resep Abon Ikan Tongkol + Tempe:

  1. Langkah pertama, bersihkan ikan buang kpla dan isi dalam lalu rebus jgn trllu matang atau lembek, sisihkan
  2. Potong tempe sesuai selera, juga potong panjang kecil2, lalu goreng sisihkan
  3. Kemudian giling ikan tongkol pke cobek giling kasar jangan sampai lembut sisihkan sebentar. Potong bawang tipis2 Kemudian goreng. minyak sisa dri bawang klo terlalu banyak kurangin untuk menggoreng ikan nya sampe kering dengan api kecil sambil di aduk2.
  4. Campur semua bumbu lalu haluskan dan goreng sampe harum masukkan kecap/ gula dan masako rasa sapi tadi secara bertahap klo bumbu sudah keluar harum nya masukkan ikan goreng sama tempe nya jgn lama2 lalu matikan api nya. Jika sudah dingin masukkan bawang goreng tadi lalu aduk smpe merata. Hingga udah siap.
  5. Jangan lupa ya pas di rebus kasih garam merica tomat bawang putih 1 siung saja iris tipis

Itulah tadi, 2 resep abon ikan tongkol yang dapat kalian nikmati di rumah.

Tips-Tips Dalam Mengolah Ikan Tongkol

Nah, jika kalian tak suka dengan bau amis dari ikan tongkol nggak usah khawatir lagi. Saya akan coba hadirkan tips mudah untuk mengolah ikan tongkol agar tak amis dan nikmat disantap.

  • Bila kamu akan mengukus atau membuat pepes dari ikan tongkol maka kamu bisa mencoba menggunakan cuka makan. Cuci bersih ikan yang sudah dipotong dan buang jeroannya, lalu cuci dengan cuka makan dan kukus ikan.
  • Jika kamu memasak ikan berkuah maka sebelum dimasak kamu dapat mencuci bersih ikan dengan cuka dan perasan jeruk nipis. Biar amisnya masih terasa kamu bisa mencoba merendam ikan dengan air yang ditambah dengan sari jahe.
  • Kemudian jika memasak ikan dengan digoreng maka cuci bersih ikan dengan cuka makan serta bilas dengan air bersih. Lalu lumuri ikan dengan tepung terigu, setelah itu ikan siap digoreng.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Tongkol

Ikan merupakan salah satu dari makanan sehat kaya nutrisi penting seperti protein, vitamin D, kalsium, fosfor. Semuanya merupakan mineral yang sangat baik, ada juga seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan potasium.

Ikan juga adalah salah satu sumber nutrisi penting terbaik seperti asam lemak omega-3 yang akan menjaga tubuh tetap ramping. Selain dari itu, ikan juga memiliki manfaat dalam pengembangan tubuh dan memperbaiki fungsi kognitif.

Ikan tidak hanya memengaruhi lingkar pinggang, tapi akan membantu fungsi tubuh lainnya termasuk perkembangan hati, otak, dan lain-lain, dan mengatur tidur dengan baik. Makan ikan setiap hari bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Mengonsumsi ikan setiap hari akan membuat risiko penyakit jantung koroner jauh lebih rendah. Makanan laut ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat bagi jantung.

Ikan juga merupakan makanan penting bagi otak, mengonsumsi ikan setiap hari diketahui dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Selain dari itu, konsumsi rutin akan mengurangi penyusutan dan penurunan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak.

Jika pernah merasakan gejala depresi, cobalah konsumsi ikan. Minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental.

Ikan mengandung vitamin D tinggi dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik. Vitamin D diperlukan agar penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Supaya mengurangi risiko kekurangan vitamin D, konsumsi ikan secara teratur.

Asam lemak omega-3 hadir dalam ikan bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan serta kesehatan mata. Itu sebab otak dan mata didukung oleh asam lemak omega-3 pada ikan.

Ikan tongkol memiliki kandungan air yang lumayan tinggi. Lemak tak jenuh juga terkandung dalam ikan ini, Keduanya akan bekerjasama agar membersihkan dinding pembuluh darah dari plak-plak kotoran dan kolesterol.

Seseorang yang menderita rheumatoid arthritis, maka diharuskan mengonsumsi ikan setiap hari. Rheumatoid arthritis adalah peradangan kronis di persendian, makan ikan secara teratur bisa membantu meringankan pembengkakan dan nyeri.

Ikan memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dalam tubuh, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dalam tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu mengurangi kadar kolesterol serta mencegah kolesterol.

Menurut sebuah penelitian, makan ikan setiap hari bisa membantu mencegah penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1. Juga kandungan vitamin D yang tinggi ditemukan pada ikan membantu kekebalan tubuh dan metabolisme glukosa.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, wanita yang menderita gejala pra-menstruasi wajib makan ikan ke dalam makanan mereka secara teratur. Itu sebab omega-3 bisa mencegah hal itu.

Ciri-ciri ikan yang baik ialah mengandung protein yang tinggi. Ikan berprotein tinggi dapat membuat tubuh mengalami peningkatan massa otot sebab perbaikan sel berjalan dengan cepat.

Biasanya tanda ikan berprotein tinggi adalah yang memiliki daging warna merah, meskipun fillet ikan tongkol Tidak terlalu merah, tapi kadar proteinnya sangat tinggi.

Hormon Leptin adalah sebuah hormon yang disekresikan atau dilepaskan dari sel lemak yang ada dalam tubuh manusia. Hormon ini berfungsi di metabolisme tubuh. Saat tubuh mengandung banyak Leptin, maka otak akan memerintahkan terjadinya pembakaran kalori.

Baiklah, inilah yang dibutuhkan oleh semua orang yang melakukan diet. Kalori yang cepat terbakar akan membuat berat badan selalu terjaga dan ideal. Ikan Tongkol tergolong kaya dengan Hormon Leptin, maka tak ada salahnya jika anda memasukkannya dalam menu diet.

Tahukah anda apa itu Omega 3? Ini adalah asam lemak yang tersusun atas 3 jenis zat dengan baik, yaitu: DHA (Dokosaheksaenoat), EPA (Eikosapentanoik), dan ALA (alfa-linolenik). Asam DHA dan EPA biasanya ditemukan di ikan, sedangkan ALA ada pada kacang-kacangan.

Berdasarkan penelitian John Hopkins School of Medicine, ikan Tongkol mengandung ketiganya, singkatnya tongkol itu kaya akan Omega 3. Fungsi dari Omega 3 yaitu agar mengobati penyakit jantung, mendukung pertumbuhan janin, dan dapat mencegah demensia.

Anemia adalah penyakit akibat kekurangan zat besi pada darah. Anemia dapat membuat pengidapnya jadi lemas dan pusing berhari-hari.

Meski tidak tergolong penyakit serius, tapi Anemia patut diobati dan dicegah karena bila dibiarkan nanti lama-lama bisa jadi Leukimia alias kanker darah karena tubuh terus memproduksi sel darah putih sebagai respon atas rasa sakit. Obat Anemia yang ampuh adalah makanan kaya zat besi, contoh Ikan Tongkol dan Hati Ayam.

Tubuh menjadi bugar jika mendapatkan asupan kalori yang cukup. Tiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda, antara 2000-3500 KKal, juga Dalam tiap 100 gram daging Ikan Tongkol, mengandung 200 Kkal. Ini tentu sangat baik sebagai lauk-pauk memenuhi kebutuhan kalori.

Mengonsumsi ikan dalam jumlah wajar dan normal memang perlu sebab untuk mengindari efek alergi. Meskipun Ikan Tongkol punya banyak kandungan nutrisi, namun jika dikonsumsi berlebihan pun bisa menjadi media alergen sehingga tubuh gatal-gatal. Jadi sewajarnya saja kalau makan Tongkol.

Analisa Usaha Abon Ikan Tongkol

Latar Belakang Usaha Abon Ikan Tongkol

Abon ikan tongkol merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari ikan tongkol yang sudah banyak dikenal banyak orang selain abon daging sapi.

Ikan ini memiliki cita rasa enak serta juga lezat yang rasanya tidak kalah enak dengan abon ikan daging sapi. Abon ikan tongkol ini bisa dikonsumsi sebagai lauk yang dimakan bersama nasi dan bisa juga digunakan untuk isian roti.

Tingginya pecinta olahan abon ikan tongkol ini telah memberikan kesempatan bisnis yang lumayan baik untuk dimanfaatkan.

Tujuan Kegiatan Usaha Abon Ikan Tongkol

Tujuan dari dijalankannya kegiatan usaha abon ikan tongkol ini ialah :

  • Untuk memperoleh penghasilan yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Memenuhi kebutuhan konsumen terhadap permintaan konsumen abon ikan tongkol.
  • Menumbuhkan sifat kemandirian yang ada dalam berwirausaha.

Manfaat Kegiatan Usaha Abon Ikan Tongkol

Yang menjadi Manfaat didirikannya usaha Abon Ikan tongkol ialah:

  • bisa mendapatkan keuntungan hasil kerja keras sendiri.
  • Menambah semangat pada diri sendiri agar dapat lebih bekerja keras.
  • Dapat Memberikan lapangan pekerjaan untuk orang yang belum mempunyai pekerjaan.

Pembelian Peralatan Usaha

Peralatan

 Harga 
 Etalase  Rp.

788,000

 Kompor dan gas

 Rp. 241,000
 Panci  Rp.

60,000

 Pengaduk

 Rp. 19,000
 Wadah  Rp.

64,000

 Meja dan Kursi

 Rp. 759,000
 Peralatan tambahan  Rp.

480,000

 Jumlah Investasi

 Rp. 2,411,000

Biaya Tetap

Penyusutan etalse 1/50 x Rp 788.000

 Rp.

15,760

 Penyusutan kompor dan gas 1/50 x Rp 241.000

 Rp.

4,820

 Penyusutan panci 1/50 x Rp 60.000

 Rp.

1,200

 Penyusutan pengaduk 1/50 x Rp 19.000

 Rp.

380

 Penyusutan wadah 1/50 x Rp 64. 000

 Rp.

1,280

 Penyusutan meja dan kursi 1/50 x Rp 759.000

 Rp.

15,180

 Penyusutan alat tambahan 1/50 x Rp 480.000

 Rp.

 9,600

 Total Biaya Tetap

 Rp.

48,220

Biaya Variable

ikan tongkol

 Rp. 3,500  x  30  =  Rp. 105,000

 jeruk nipis

 Rp. 800  x  30  =  Rp.

24,000

 santan

 Rp. 2,700  x  30  =  Rp. 81,000
 margarine  Rp. 6,500  x  30  =  Rp.

195,000

 ketumbar

 Rp. 2,600  x  30  =  Rp. 78,000

 bawang merah

 Rp. 7,700  x  30  =  Rp.

231,000

 lain-lain  Rp. 48,000  x  30  =  Rp. 1,440,000
 Total Biaya Variabel

 Rp.

2,154,000

Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel =

 Rp.

2,202,220

Pendapatan Penjualan

     17  bungkus  x

 Rp.

15,000  =  Rp.

    255,000

Rp. 255,000  x

30

 hr  =  Rp.

7,650,000

Keuntungan Penjualan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional

 Rp.

7,650,000  – 2,202,220  =  Rp.

5,447,780

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan =

 Rp.

2,411,000  : 5,447,780  = 2  bln

Supaya Anda lebih mudah pada saat proses produksi pembuatan abon ikan tongkol ini maka Anda harus menggunakan peralatan usaha yang memiliki kualitas baik. Salah satu peralatan usaha yang sangat cocok untuk dipakai dan mendukung kegiatan usaha abon ikan tongkol ini adalah dengan menggunakan mesin spiner.

Mengapa Anda harus menggunakan mesin spiner ini pada kegiatan usaha abon ikan tongkol yang sedang Anda jalankan? Mesin spiner atau lebih dikenal dengan sebutan peniris minyak ini memiliki kegunaan untuk meniriskan minyak.

Jadi setelah Anda selesai dalam proses pembuatan abon ikan tongkol, abon harus ditiriskan supaya abon tidak berbau apek pada saat abon sudah dikemas.

Dengan memakai mesin peniris ini Anda sudah tidak perlu lagi merasa bingung untuk melakukan proses penirisan minyak.

Itulah tadi artikel tentang Resep Abon Ikan Tongkol, Manfaat Dan Peluang Usahanya. jika temen-temen penasaran dengan resep lainnya silahkan lihat juga artikel tentang Bisnis Makanan Ringan.

semoga artikel ini akan bermanfaat bagi teman teman semua, terima kasih.

Gallery Resep Abon Tongkol

Best Seller Abon Tongkol Resep Mama Rasa Pedasnya Nendang

Resep Abon Tongkol Pedas Resep Kekinian

Resep Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Praktis Dan Gurih

Lezat Unik Dan Kreatif Dengan Abon Telur

Kpk Cara Membuat Abon Pindang Ikan Tongkol Versi Desa

Membuat Abon Yang Kering Dan Tahan Lama Dengan 6 Tips Ini

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Pedas Manis Youtube

Jual 5 Macam Abon Gurih Dan Pedas Paling Dicari Masyarakat

Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak Catatan Membuat

Kpk Cara Membuat Abon Pindang Ikan Tongkol Versi Desa

Resep Abon Tongkol Tempe

Suwir Tongkol Pedas By Melany Sam S

Nyok Coba Bikin Abon Sendiri Pake 8 Resep Ini Kuliner

Resep Abon Abon Ikan Tuna

10 Cara Membuat Abon Ikan Yang Tahan Lama Enak Dan Mudah

Ini Dia Resep Abon Ikan Yang Lebih Mudah Dan Praktis

Resep Abon For Android Apk Download

Abon Ikan Sambal Lingkung

Resep Abon Pindang Tongkol Pedas Praktis

Abon Ikan Tongkol Resep Food Recipes


Belum ada Komentar untuk "Resep Abon Tongkol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel