Resep Tumis Jantung Pisang



Oseng Jantung Pisang Teri Petei

Cara Memasak Jantung Pisang agar Tidak Pahit dan Hitam

Cara memasak jantung pisang agar tidak pahit memang sedikit tricky karena di dalamnya terkandung banyak getah pisang yang memang terasa amat pahit. Para ibu mengakalinya dengan resep makanan yang berasa kuat dan bersantan seperti gulai, lodeh, tumis pedas dan masih banyak lagi. Lebih enak bila dimasak bersama daging, setelah matang serat jantung pisang ini terasa mirip dengan si daging. Buat anda yang awalnya cuma coba-coba karena penasaran, setelah mencoba dijamin akan ketagihan mau lagi dan lagi. Kebanyakan orang mengkonsumsi jantung pisang bukan karena rasanya yang enak namun lebih ke manfaatnya bagi kesehatan. Konon katanya si onthong (nama lain dalam bahasa jawa) dapat mengatasi penyakit berbahaya seperti stroke dan diabetes. Kunci untuk mendapatkan jantung pisang yang tidak pahit dan tetap putih adalah membuang getah pahit yang ada di dalamnya. Ada banyak tips untuk menghilangkan rasa pahit dari jantung pisang namun yang paling sering digunakan adalah dengan mengaraminya lalu direbus sampai setengah matang sebelum diolah. Jika anda memetik langsung si jantung pisang dari pohon disarankan untuk mendiamkannya selama satu malam agar kandungan getahnya berkurang. Kalau membeli di pasar/ supermaket bisa langsung eksekusi. Langkah-langkahnya memasak jantung pisang,

1

Mengupas dan Memotong Pertama-tama kupas lapisan yang berwarna merah keungguan yang artinya sudah terlalu tua. Lakukan terus sampai menemui lapisan yang masih berwarna putih. Selanjutnya potong menjadi 4 bagian besar. Setelah itu langsung cuci dengan air yang mengalir, tiriskan.

2

Merendam dengan Air Garam Ambil wadah yang berisi air yang telah diberi garam, rendam potongan jantung pisang. Biarkan sekitar setengah jam. Penjelasannya sederhana dimana getah pahit akan keluar karena konsentrasi air garam yang lebih tinggi. Hasilnya air perendam akan berubah warna menjadi hitam yang berarti sebagian getah telah dikeluarkan dari daging jantung pisang.

3

Merebus Siapkan panci yang berisi air lalu panaskan dengan api besar sampai mendidih. Setelah terlihat air mengeluarkan gelembung masukkan potongan jantung pisang ke dalamnya. Rebus sampai daging empuk, gunakan garpu untuk mengetesnya. Selanjutnya angkat dan tiriskan air dengan sedikit diperas. Selanjutnya tinggal suwir-suwir jantung pisang dan siap diolah menjadi olahan yang diinginkan. Mungkinkah tips di atas gagal? Mungkin saja, kalau proses mencuci yang kurang baik ataupun garam yang digunakan kurang banyak. Oh ya, jenis pisang juga berpengaruh lho! Dari sekian banyak jenis pohon pisang ada beberapa jenis yang onthongnya paling sering dimasak yaitu pisang kepok, batu dan ulin. Seperti dibahas di atas salah satu pilihan olahan jantung pisang adalah gulai. Pada resep ini menggunakan tambahan daun singkong yang memang terkenal mengurangi rasa pahit seperti dibahas pada artikel Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit.
© fb.com/100010991264579
Bahan:
  • Jantung pisang yang telah direbus
  • Daun singkong
  • Santan
  • Lengkuas digeprek
  • Garam
  • Gula
  • Daun salam
  • Bumbu halus:
    • Bawang merah
    • Bawang putih
    • Jahe
    • Kunyit
    • Cabe rawit
    • Cabe merah
    • Kemiri
    • Ketumbar
Baca juga: Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah

Resep Gulai dari Jantung Pisang:

Potong daun singkong, cuci bersih lalu rebus sebentar dengan sedikit garam, angkat dan tiriskan. Ambil jantung pisang yang sudah matang, suwir-suwir atau potong sesuai selera. Tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium baru harum, setelah itu masukkan laos, serai dan daun salam. Tambahkan santan dan tunggu sampai mendidih. Terakhir masukkan daun singkong dan jantung pisang dengan perasa seperti gula dan garam. Cek rasa dan masak sebentar saja. Angkat dan siap untuk disajikan. Resep gulai sederhana telah selesai, rasanya sedap dan tidak kalah dengan rasa gulai daging. Paling enak disajikan selagi hangat bersama dengan nasi putih. Pastinya tidak akan ada rasa pahit pada masakan ini.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Jantung Pisang agar Tidak Pahit dan Hitam. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Gallery Resep Tumis Jantung Pisang

Kagak Ade Duenye Gabus Pucung Dan Tumis Jantung Pisang

Diah Didi S Kitchen Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning

Resep Jantung Pisang For Android Apk Download

Resep Tumis Jantung Pisang Terasi Belacan Resep Masakan

Jantung Pisang Merah Pedas Eats Fun

Uniknya Cita Rasa Tumis Jantung Pisang Rebon Semua Halaman

Resep Masak Jantung Pisang Inspirasi Memasak

Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang Petani

Resep Tumis Jantun Pisang Tumis Jantung Pisang Ini Dengan

Resep Anyang Ayam Dan Jantung Pisang Sumatera Utara

Mengolah Jantung Pisang Supaya Tidak Sepat Dan Resepnya

Harus Coba 5 Olahan Jantung Pisang Yang Mengugah Selera

Videos Matching Resep Jantung Pisang Tumis Ikan Teri Revolvy

Resep Tumis Jantung Pisang Lezat Dan Gurih Haniya Kitchen

Resep Dan Cara Mudah Membuat Tumis Jantung Pisang Paling Enak

Tumis Jantung Pisang Nimadesriandani

Resep Tumis Jantung Pisang

Tumis Jantung Pisang Blog K I

Diah Didi S Kitchen Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning

Resep Jantung Pisang Krispi Yang Lagi Viral Beepdo Com

Resep Tumis Jantung Pisang Super Enak Dan Praktis

Tumis Jantung Pisang Goyang Lidah Kekinian For Android Apk

Resep Dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

Resep Jantung Pisang Kecap Pedas Manis Aneka Resep Masakan

Resep Dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

Kagak Ade Duenye Gabus Pucung Dan Tumis Jantung Pisang

Resep Cara Membuat Gulai Jantung Pisang Pedas Gurih Bikin


Belum ada Komentar untuk "Resep Tumis Jantung Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel