Resep Kue Karamel Kukus



Resep Masakan Kue Bolu Karamel Kumpulan Materi Pelajaran

Resep Dan Cara Membuat Kue Sakura Karamel Lembut Dan Enak

posted on: May 27, 2019

Resep Dan Cara Membuat Kue Sakura Karamel Lembut Dan Enak – Pernahkah anda mencoba bolu sakura?  Bolu ini sangat nikmat apalagi jika dijadikan teman saat minum the atau kopi.  Bolu sakura memiliki ciri khas yaitu warnanya yang kecokelatan serta rasanya manisnya yang sangat pas ketika masuk mulut.  Tekstur bolu ini begitu lembut dan tidak serta di tenggorokan karena memang proses pemasakan dengan cara di kuku sehingga bolu lebih absah.  Lantas mengapa diberi nama sakura?  Karena bolu ini bisanya menggunakan cetakan berbentuk bunga sakura, jadi pada dasarnya anda bisa menggunakan cetakan apa saja ya misalnya loyang persegi atau cetakan agar-agar.

Bolu sakura ini dibuat dengan step step yang mudah, namun memang proses pembuatannya melalui 2 tahap.  Yang pertama untuk adonan bolu dan yang kedua untuk adonan karamel.  Tidak hanya soal rasa, tetapi juga aroma karamel dari bolu sakura ini betul-betul mantap tidak heran jika bolu sakura ini selalu saja laris dan diburu penggemarnya.  Bagi anda yang ingin mencicipi kelezatanya cukup praktikan saja Resep Dan Cara Membuat Kue Sakura Karamel Lembut Dan Enak.  Resep ini mudah dan bisa anda ikuti lho.  Resep bolu jadul ini tidak akan lekang oleh waktu dan bisa jadi salah satu bahan untuk bernostalgia tentang masa lalu anda.  Segera catat ya resep mudahnya.

Baca juga : Cara Membuat Kue Kering Coklat Kacang Spesial Lebaran

Bahan caramel :

  • Margarin sebanyak 50 gram
  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Air matang sebanyak 150 ml

Bahan kue :

  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Baking soda sebanyak ½ sdt

Cara membuat Kue Sakura Karamel  :

  1. Mula-mula kita buat terlebih dahulu adonan karamelnya. Siapkan panci lalu masukan semua bahan pembuat karamel ke dalamnya.  Jerang di atas kompor dengan menggunakan api kecil sambil terus daduk-aduk agar karamel tidak gosong di dasar panci. Jika semua bahan sudah larut dan menyatu, matikan api dan biarkan hingga adonan karamel cukup dingin.
  2. D wadah terpisah, masukan telur ayam serta gula pasir ke dalamnya kemudian kocok menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga kaku dan lembut.
  3. Jika adonan suak kaku dan lembut tuangkan adonan karamel ke dalam nya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Gunakan kecepatan rendah agar proses pengadukan bisa berjalan dengan baik.
  4. Masukan bahan kering ke dalam adonan ke tadi yaitu baking soda serta tepung terigu. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan menyatu dan tercampur sempurna.  Anda bisa menurunkan speed atau kecepatan mixer menjadi rendah atau sedang ya, jika sudah tercampur semua bahan, sisihkan sejenak.
  5. Siapkan kukusan atau dandang yang terlebih dahulu sudah diisi dengan air. Panaskan dandang atau kukusan tersebut sampai airnya mendidih. Jangan lupa juga untuk menyiapkan loyang berbentuk bunga sakura yang bagian dalam permukaannya sudah diolesi mentega atau margarin.
  6. Tuangkan adonan kue sakura karamel ke dalam cetakan tadi hingga adonan habis. Hentakan loyang beberapa kali agar tidak ada gelembung udara yang terjebak di dalamnya.  Kukus adonan si dalam dandang sampai matang selama 25- 30 menit.  Jika sudah matikan api, potong-potong dan bolu sakura karamel siap untuk dinikmati.

Baca juga : Resep Kue Rangin Enak Gurih Sederhana

Memasak bolu sebenarnya gampang-gampang sulit.  Namun banyak dari anda terutama para pemula yang kerap kali mengalami kenyataan pahit kalau memasak bolu selalu saja gagal.  Kegagalan yang biasa dialami yaitu bolu bantat dan tidak bisa mengembang.  Kali ini kami akan memberikan tips agar bolu bisa mengambang dan naik, yang pertama selalu cek suhu telur, usahakan untuk tidak menggunakan telur yang baru saja keluar dari lemari es.  Telur yang bersuhu dingin tidak dapat mengikat bahan-bahan lain sehingga kue bolu tidak bisa mengembang dengan sempurna.  Tips yang kedua adalah mengaduk minyak goreng, mentega atau margarin di akhir tahap.  Bahan-bahan pelengkap in terbuat dari minyak atau lemak sehingga masa jenisnya berbeda dengan air, sehingga sangat disarankan untuk menambahkan bahan ini di akhir waktu memasak.  Itulah beberapa tips yang bisa kami tuliskan, semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.

Resep Yang di Cari Pengunjung:

cara membuat kue sakura

Blogger dan penulis yang suka dunia masak memasak terutama masakan khas nusantara indonesia

Gallery Resep Kue Karamel Kukus

Resep Pembaca Jtt Cake Karamel Sarang Semut A La Novie

Cara Membuat Bolu Karamel Kukus Lembut

Resep Pembaca Jtt Cake Karamel Sarang Semut A La Novie

Resep Bolu Karamel Tanpa Telur

Resep Cake Caramel Bolu Karamel Sarang Semut Panggang

Resep Cara Membuat Kue Basah Bolu Karamel Sarang Semut Kukus

Seri Resep Baking Pan Bolu Karamel Sarang Semut

Resep Kue Karamel Kukus

Resep Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Murah Meriah

Resep Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Paling Enak

Cara Membuat Bolu Kukus Karamel Sarang Semut

Bolu Caramel Bolu Sarang Semut

Beberapa Cara Membuat Roti Karamel Kukus Yang Empuk Dan

Resep Bolu Karamel Kukus Yang Enak Dan Lembut Resepi

Resep Bolu Karamel Kukus Super Simple Tanpa Mixer Tanpa

3 Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Yang Lembut Dan Lezat

Mencicipi Kue Sarang Semut Kuliner Nusantara Dengan Rasa

Kue Bolu Sarang Semut Atau Bolu Karamel Mudah Membuatnya

Resep Mudah Membuat Bolu Karamel Bakal Jadi Favorit Si

Resep Sarang Semut Ant S Nest Cake Bolu Karamel


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Karamel Kukus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel