Resep Opor Ayam Kuning Enak



Resep Opor Ayam Enak Bumbu Sederhana Aneka Resep Masakan

Resep masakan opor ayam bumbu kuning

Resep masakan opor ayam. Kuliner olahan rumahan paling enak yakni opor ayam bumbu kuning yang juga menjadi menu spesial lebaran. Cara membuat olahan opor ayam sederhana dengan bumbu alami yang mudah di beli dan murah. Menu masakan opor ayam kuah kuning ini merupakan resep masakan sederhana yang enak dan dapat dikonsumsi oleh anak anak maupun orang dewasa. Bagi yang suka pedas dapat menambahkan sambal. Yang paling pas sih sambal bawang, cara pembuatan sambal bawang cukup mudah dan cepat cara membuatnya. Yuk cintai dan lestarikan resep para leluhur bangsa indonesia.

Sudah menjadi tugas kita untuk mempertahankan resep masakan tradisional masyarakat kita. Masakan opor ayam paling enak jika menggunakan ayam kampung dewasa dan gemuk supaya kandungan kaldunya dalam kuah berlimpah. Resep masakan jawa dengan tambahan beberapa potong kunyit dan air santan kental, maka cita rasa opor ayam ini akan lebih mantap dan lezat. Meskipun ada santan instan, namun untuk menghasilkan cita rasa kuah yang lezat saya sarankan untuk memakai santan kental alami yang didapat dari perasan kelapa tua.

Masakan rumahan opor ayam biasanya menjadi menu utama saat makan siang bersama keluarga. Resep masakan santan opor ayam kuah kuning ini juga menjadi menu utama saat lebaran yang di santap dengan ketupat. Masakan ayam bukan hanya dibuat sayur ayam saja, sebab yang namanya daging ayam sangat enak dimasak apa saja. Namun demikian meskipun lezat akan terasa hambar dan hilang nafsu makan jika harus makan olahan ayam yang itu itu saja.

Perlu juga sekali waktu mencoba resep masakan ayam kreasi baru, tidak benar benar baru sih sebetulnya yakni ayam goreng, namun demikian resep ayam goreng yang satu ini sedang viral lho yakni ayam digoreng dengan tepung, tetapi masih banyak yang mengalami kegagalan. Cobalah membuat bumbu opor ayam yang komplit, berikut cara membuat bumbu opor ayam lengkap. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana. Bumbu bumbu masakan ayam opor bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe, lengkuas, dan bahan bumbu lainnya.

Dengan tambahan santan kental segar akan menambah kenikmatan resep masakan tradisional jawa ini. Beberapa bahan tambahan seperti serai, daun salam, dan daun jeruk selain menambah kelezatan masakan bunda juga menjadikan aroma masakan lebih harum. Dengan mengikuti caranya secara benar dan berurutan juga mempermudah cara kerja bunda dalam membuat masakan opor ayam ini. Sebenarnya cukup mudah dan simple lho.

Cara bikin opor ayam santan kuah kuning cukup mudah. Bunda dan sis dapat membuatnya meskipun belum mahir memasak. Resep masakannya saya tulis dengan jelas, lengkap, dan berurutan, sehingga mudah mempraktekkannya. Untuk menghindari bau amis disarankan untuk menambahkan jeruk nipis. Namun sebelum memulai memasak opor ayam santan ini sebaiknya lengkapi dahulu bahan bahan dan bumbu bumbunya. Nih bunda bumbu lengkap masakan opor dan cara memasak opor ayam selengkapnya.

Resep masakan ayam opor bumbu kuning

Bahan bahan opor ayam >> Daging ayam : 1 ekor. ( Pilih ayam dewasa gemuk, lebih disarankan menggunakan ayam kampung ). >> Jeruk nipis : 2 buah.

>> Minyak goreng : secukupnya.

Bumbu halus masakan opor ayam >> Bawang putih : 8 siung. >> Bawang merah : 6 siung. >> Kunyit : 4 cm. >> Jahe : 2 cm. >> Lengkuas : 3cm. >> Kemiri : 8 butir.

>> Ketumbar : 1 sendok makan.

Bahan bumbu lainnya >> Serai : 2 batang. >> Daun jeruk : 3 lembar. >> Daun salam : 4 lembar. >> gula pasir : ±1 sendok teh peres. >> Garam : ±1 sendok teh peres ( secukupnya, sesuai selera ). >> Santan kental : ±2 gelas. Disarankan menggunakan santan dari kelapa segar 1 butir dan buat santan kental hingga sekitar 2 gelas. Terus peras hingga mendapatkan santan cair sekitar 2 gelas.

>> Santan cair : ±2 gelas.

Resep masakan opor ayam biasanya di sajikan saat ada acara khusus keluarga seperti arisan, kumpul keluarga besar, atau saat lebaran hari raya. Masakan opor ayam disajikan bersama nasi putih hangat. Sangat digemari anak anak karena cita rasanya yang gurih dan enak. Supaya lebih nikmat dapat ditambahkan sambal terasi atau sambal tomat. Ayam lagi ayam lagi, lama lama bosan juga makan daging ayam. Tapi tunggu dulu sebab yang namanya olahan daging ayam itu sangat banyak resepnya. Kalau sudah terbiasa dengan masakan dalam negeri, tidak ada salahnya mencoba ala mancanegara yakni masakan ayam steak. Dengan bumbu dan rempah rempah hasil alam indonesia, bunda bisa mencoba

Cara membuat opor ayam bumbu kuning lezat ⇔Potong daging ayam sesuai dengan selera dan cuci. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Kemudian remas remas dan diamkan selama 5 menit. Cuci kembali hingga bersih. ⇔Goreng daging ayam setengah matang. ⇔Haluskan bumbu halus ( bawang merah + bawang putih + kunyit + jahe + lengkuas + kemiri + ketumbar ). Cara menghaluskan bumbu bisa di uleg atau menggunakan blender (tanpa garam ) biar cepat. ⇔Siapkan penggorengan dengan sedikit minyak dan tumis bumbu halus. ⇔Tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam sambil aduk aduk hingga baunya harum. ⇔Masukkan santan cair dan daging ayam. Gunakan api kecil hingga sedang dan tutup supaya bumbunya meresap. ⇔Tambahkan santan kental sambil aduk aduk hingga mendidih. Usahakan supaya santan tidak pecah ya. ⇔Tambahkan gula pasir dan garam hingga cita rasanya sesuai selera. Jika berkenan dapat juga ditambahkan penyedap rasa sedikit ( atau bisa juga dengan royco rasa ayam ).

⇔Siap di sajikan

Ayam opor cukup lezat disajikan bersama menu masakan yang lain, paling sederhana sih cukuk dengan nasi putih, ayam opor, dan dilengkapi dengan sambal. Nah soal sambal ini tentunya yang paling pas adalah sambal bawang, namun demikian kadang kala bisa bikin perut sakit tuh sambal bawang kalau tidak benar bikinnya, jika demikian saatnya bunda mencoba resep sambal bawang. Opor cukup enak jika menggunakan santan kelapa asli ya.

Bisa dibilang bahan masakan daging ayam tidak akan habis resep resep ayam istimewa, bahkan banyak bermunculan kreasi resep masakan ayam yang lebih menggoda. Ayam bukan saja enak dimasak opor dan dibuat sayur, namun juga lumayan lezat di goreng dengan tambahan adonan tepung, meskipun ayam goreng tradisional lezat, lebih bervariasi dengan dilumuri tepung bumbu dahulu seperti halnya ayam goreng tepung. ini lho petunjuk cara goreng ayam tepung. Pecinta kuliner indonesia, tentu tidak akan ada habisnya menu menu masakan yang belum anda coba membuatnya.

Gallery Resep Opor Ayam Kuning Enak

Resep Opor Ayam Kuning Sajian Nikmat Cocok Untuk Makan

Resep Opor Ayam Special App Report On Mobile Action App

Resep Opor Ayam Opor Ayam Kuah Kuning Masak Mudah Dan Enak

10 Resep Opor Ayam Sederhana Enak Dan Gurih

Resep Opor Ayam Kuning Paling Enak Resep Dan Cara

Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran Yang Gurih Enak

372 Resep Opor Ayam Santan Kuning Enak Dan Sederhana Cookpad

Rahasia Resep Opor Ayam Spesial Yang Mudah Dibuat

5 Aneka Resep Opor Ayam Spesial Beserta Tips Cara Membuatnya

Cara Membuat Opor Ayam Tahu Kuning Special Kuah Gurih

401 Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Enak Dan Sederhana Cookpad

5 Cara Memasak Opor Ayam Istimewa Dari Opor Putih Kuning

5 Aneka Resep Opor Ayam Spesial Beserta Tips Cara Membuatnya

Resep Opor Ayam Spesial Lebaran Kental Dan Enak Gurih

Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Yang Enak Wisata

5 Aneka Resep Opor Ayam Spesial Beserta Tips Cara Membuatnya

Resep Opor Ayam Khas Lebaran Gurihnya Endeees Banget

Bumbu Cara Memasak Opor Ayam Ala Restoran Bintang 5

Resep Opor Ayam Kuning Cocok Untuk Menu Cap Go Meh Dengan

10 Resep Opor Ayam Tahu Enak Gurih Dan Mudah Dibuat

Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Untuk Lebaran Cantik Tempo Co

10 Resep Soto Ayam Bening Kuning Enak Sederhana Dan Lezat

5 Resep Cara Membuat Opor Ayam Sederhana Yang Enak Untuk

3 Resep Opor Ayam Enak Dan Tips Membuatnya

Resep Opor Ayam Kampung Kuning Enak Spesial Bangoe

5 Resep Opor Ayam Putih Spesial Enak Istimewa Dan Sederhana

10 Resep Opor Ayam Sederhana Enak Dan Gurih


Belum ada Komentar untuk "Resep Opor Ayam Kuning Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel