Resep Sambal Padang Merah



Resep Sambal Merah Dan Cara Membuat Bacaresepdulu Com

Resep Sambal Cabe Merah Khas Padang, Sajian Wajib Rumahan

Sambal Cabe Merah Khas Padang. Halo Ibu-ibu yang selalu siap sedia dengan celemek dan penggorengan setiap pagi, yang setia membuat masakan terbaik untuk santapan keluarga di rumah. Masakan yang bisa menjadi asupan energi bagi anak-anak yang akan pergi sekolah, suami yang akan berangkat kerja, maupun Anda yang tinggal di rumah.

Bahasan kita kali ini adalah resep sambal cabe merah khas padang. Jika di rumah-rumah makan Padang kita selalu temukan sambal cabe ijo atau lado hijau bahasa bekennya, namun sesungguhnya, di rumah-rumah masyarakat minang sangat kental dengan sambal cabe merah.

Saking umumnya sambal cabe merah di rumah-rumah masyarakat minang, ada pula kelakar yang muncul, yaitu, bukan orang minang jika bukan pecinta pedas. Masyarakat Minangkabau memang identik dengan seleranya yang pedas, meski pada kenyataannya ada saja warga Minang yang pada akhirnya tidak sanggup dengan tingkat kepedasan tertentu pada rasa masakan.

Nah, karena sambal cabe merah khas Padang merupakan salah satu hidangan wajib di meja rumah makan para amak-amak di Sumatera Barat, Sari Bundo akan berusaha menukilkan resepnya kepada Ibu-ibu semua. Memasak sambal sebenarnya susah-susah gampang. Misalnya gini, memasak sambal itu tidak bisa kita katakan mudah, karena admin sendiri sebenarnya pernah menemukan sambal cabe merah dengan warna merah sekali, menggoda, namun ketika dicicipi malah tidak terasa pedas sama sekali. Begitu pula sebaliknya, ada tampilan dan bentuk sambal cabe merah khas Padang yang kurang meyakinkan, namun ketika dimakan malah pedasnya nggak ketulungan.

Mudahnya adalah, sebenarnya tidak ada bumbu atau resep khusus dalam memasak sambal merah yang bisa membangkitkan selera makan. Bumbu racikan semuanya hanya umum, tinggal penakarannya saja yang perlu kita perhatikan agar racikan sambal cabe merah khas Padang ala kita bisa menyatu sempurna, dari sisi penyajian, sampai keluarnya rasa pedas yang bisa membuat keringat mengalir butir demi butir.

Langsung saja, berikut adalah resep yang bisa kami nukilkan sebagai bahan praktek pembuatan sambal cabe merah para Ibu di rumah.

Resep Sambal Cabe Merah Khas Padang

Bahan bahan Sambal Cabe Merah Khas Padang:

  • 20 cabai rawit
  • 20 cabai keriting
  • 1 buah tomat
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.

(Jika Anda ingin porsi yang lebih besar tinggal disesuaikan saja skala takaran bahan dan bumbunya, Vemale)

Cara Membuat Sambal Cabe Merah Khas Padang :

  • Pertama-tama, rebus semua bahan kecuali daun jeruk dalam air hangat agak panas agar semua bahan menjadi lembut dan gampang dihancurkan.
  • Ulek kasar bahan sambal yang sudah direbus tadi. Untuk menghasilkan sambal cabe merah yang enak, sebaiknya proses penggilingan tidak menggunakan blender, tapi dengan mengulek campuran bahan cabe, bawang, dan tomat tadi sampai hancur. Ingat, sebenarnya tidak perlu halus, karena sambal khas Padang jarang sekali ada yang ulekannya halus.
  • Tumis sambal hasil ulekan tadi dan masukkan daun jeruk. Daun jeruk akan berfungsi menambah harum sambal cabe merah khas Padang yang tumis.
  • Tambahkan gula dan garam serta kaldu bubuk secukupnya. Gula biasanya digunakan masyarakat di luar Sumatera, karena kurang tahan dengan rasa pedas cabai. Namun di Sumatera Barat, agaknya jarang Ibu-ibu rumah tangga yang memasak sambal dengan menambahkan gula di dalamnya.
  • Cicipilah sambal tersebut sebelum disajikan di meja makan. Jika Anda rasa ada yang kurang, misalnya garam, maka silahkan tambahkan belakangan, dan aduk kembali dalam penggorengan.
  • Angkat dan sambal cabe merah khas Padang siap disajikan dengan lauk pauk yang menggugah selera.

Sambal ini berfungsi sebagai pembangkit selera, agar nasi yang kita makan tidak hambar. Terkadang lauk pauk saja tanpa adanya sambal sebagai teman nasi, akan terasa kurang menggairahkan. Warna merah dan rasa pedas yang timbul dari sambal cabe merah khas Padang akan menambah nafsu makan Anda.

Sambal ini sifatnya hanya sebagai menu sampingan, namun fungsinya luar biasa.

Nah, para Ibu, raciklah sambal cabe merah khas Padang Anda sendiri di rumah, dan buatkan anggota keluarga Anda ketagihan makan hingga nafsu makannya bertambah-tambah sampai dua tiga piring, tapi ingat, tetap jaga porsi dan pola makan, karena setiap penyakit yang hadir biasanya selalu berawal dari perut atau apa yang kita makan 😀

Next : Resep sambal ijo khas Padang

dibaca : 922

Gallery Resep Sambal Padang Merah

Sambal Wikipedia

Resep Sambal Merah Ala Padang Oleh Nora Oktiawan Cookpad

Cara Membuat Resep Sambal Cabai Hijau Lezat

Resep Cumi Cumi Sambal Merah Just Try Taste

Resep Ayam Pop Khas Rm Padang Komplit Lalaban Dan Sambal

Resep Masakan Sambal Ijo Ala Rumah Makan Padang Kumparan Com

Resep Sambal Merah Padang Mudah Enak Pedas Lifestyle

Inilah Resep Sambal Padang Yang Bisa Anda Coba Buat Di Rumah

Resep Cumi Saus Padang Praktis Sederhana Bahan Bahan

Resep Kuliner Cara Membuat Sambal Padang

Resep Sambal Merah Pedas Asli Padang Pedas Level Dewa Enak

Terong Balado

Resep Sambal Merah Khas Padang Resepmasakansederhana

Resep Mak Ijah Resep Membuat Sambal Merah Pedas Khas Padang

Index Of Wp Content Uploads 2015 10

Resep Sambal Tempoyak Durian Pedas Bikin Ketagihan Dream Co Id

4 Resep Sambal Ijo Paling Enak Gurih Pedas Aneka Resep

Resep Dan Cara Membuat Sambal Balado Khas Padang Yang Sangat

Resep Sambal Cabe Merah Khas Padang Sajian Wajib Rumahan

Cara Membuat Ayam Saus Padang Asli Dengan Bumbu Spesial

Resep Sambal Merah Padang Yang Enak Dan Mudah Dibuat Dapur

Resep Sambal Udang Semakin Ceria Saat Santap Akhir Pekan

Resep Mudah Praktis Sambal Padang 1 Youtube

Resep Sambal Lado Uwok Khas Padang Cocok Untuk Menemani

Resep Rahasia Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang Sari

Resep Daging Sapi Balado Spesial Resepsimbok Com


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Padang Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel