Resep Otak Otak Goreng



Otak Otak Gulung Lumpia

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang

Otak-otak ikan, siapa sih yang tidak mengenalnya? Apalagi bagi yang tinggal di Jakarta dan daerah-daerah penghasil ikan seperti Makasar atau tanah kelahiran saya, Tanjung Pinang-Riau. Walaupun masing-masing daerah ini menggunakan bumbu yang berbeda namun tetap satu nama yaitu otak-otak. Makanan berbahan dasar ikan dan dibungkus dengan daun, apakah daun pisang atau daun kelapa ini sangat lezat dan banyak digemari karena kegurihannya.  Umumnya otak-otak, disantap begitu saja sebagai snack dengan ditemani saus kacang atau saus tauco. 

Saya pernah memposting reep otak-otak ikan sebelumnya, anda bisa klik di otak-otak ikan Tanjung Pinang. Nah, otak-otak Tanjung Pinang berbeda dengan rekannya di Jakarta dan Makassar. Lebih berempah dan pedas karena bumbu yang digunakan lebih beragam dan menggunakan cabai giling diadonannya. Umumnya, otak-otak dibungkus dengan daun kelapa dan dijual dalam rentengan panjang. Rasanya? Hmm, super duper! Ahh, jadi kangen dengan otak-otak ikan Tanjung Pinang:)

Jika anda sempat ke Makassar, jangan lupa membawa oleh-oleh otak-otak ikan. Otak-otak ikan Makassar hampir mirip dengan yang dijual di Jakarta, hanya saja lebih fishy (terasa sekali ikannya) dengan ukuran yang jumbo. Ketika saya melakukan perjalanan dinas kesana, saya sempatkan datang langsung ke penjual sekaligus pembuatnya dan melihat sendiri proses pembantaian ikan tengiri untuk diolah menjadi makanan ini. Ikan-ikan segar bergeletakan di lantai dan dengan menggunakan pisau besar mirip arit yang sangat tajam, daging ikan dengan cepat dipisahkan dari tulang dan kepalanya. Mantap! Nah, otak-otak ikan Makassar ini ditemani dengan saus kacang kecoklatan yang kental. Sedap.  

Blender, memberikan hasil yang paling oke untuk menghaluskan daging ikan karena membuat tekstur otak-otak menjadi halus, mudah bercampur dengan bahan lainnya dan lebih elastis. Karena sering melakukan giling menggiling ikan dan daging maka blendernya sengaja saya pisahkan dengan yang digunakan untuk menggiling buah dan sayur. Jika anda tidak ingin menggunakan blender, maka daging ikan bisa dihaluskan dengan cara ditumbuk menggunakan ulekan/cobek. Walaupun tentu saja memerlukan waktu sedikit lama dan hasilnya tidak semaksimal jika kita menggunakan blender.

Okeh, daripada berkhayal dengan otak-otak ikan, bagaimana jika kita membuatnya sendiri di dapur? Prosesnya sangat mudah dan cepat, rasanya juga tidak kalah dengan otak-otak ikan super yang dijual di luaran. Untuk sausnya, anda bisa menggunakan saus tauco atau saus kacang yang resepnya saya sertakan di bawah.Berikut resepnya.

Otak-Otak Ikan

Resep diadaptasikan dari Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak

Untuk sekitar 20 buah otak-otak

Bahan:

- 300 gram fillet ikan, bisa menggunakan ikan tengiri, kuwe, tuna atau ikan dengan daging berwarna putih lainnya - 1 butir telur

- 100 - 150 gram tepung sagu

- 1 batang daun bawang, rajang halus

- daun pisang secukupnya

- 150 - 200 ml santan kental

Bumbu:

- 1 sendok teh ketumbar

- 3 butir bawang merah

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

- 1/2 sendok teh merica butiran

- 1 sendok makan gula pasir

- 1 sendok teh garam

Bahan & bumbu saus tauco:

- 5 butir cabai merah

- 2 sendok makan tauco, tiriskan

- 4 butir bawang putih, haluskan

- 150 ml air

- 2 sendok makan gula pasir

- 1 sendok makan cuka

Bahan & bumbu sambal kacang:

- 100 gram kacang goreng haluskan

- 5 butir cabai merah keriting

- 3 buah cabai rawit

- 2 butir bawang putih, haluskan

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

- 1 1/2 sendok teh garam

- 4 sendok makan gula pasir

- 1 sendok makan cuka

- 20 gram gula merah

- 300 ml santan/air

Siapkan blender, masukkan ketumbar, merica, bawang merah, telur, fillet ikan dan 150 ml santan, blender hingga semua bahan halus.

Tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Masukkan garam, kaldu bubuk, gula dan daun bawang, jika adonan terlihat masih keras, tambahkan sedikit santan. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur rata dan kental. Tambahkan sagu sedikit jika adonan masih terlalu encer. Cicipi rasanya. 

Siapkan daun pisang, kukus sebentar daun agar lemas. Ambil 1 lembar daun, isi dengan 1 sendok makan adonan, buat agak memanjang. Gulung daun sambil dipadatkan, semat kedua ujungnya dengan staples. Rapikan ujung-ujungnya dengan mengguntingnya. Lakukan hingga semua adonan habis.

Panggang otak-otak diatas kompor menggunakan alat pemanggang atau menggunakan wajan datar, hingga daun pisang berubah warna kecoklatan dan otak-otak matang. Balik-balik selama proses pemanggangan agar matang merata. 

Angkat dan sajikan dengan saus tauco atau sambal kacang.

Saus tauco:

Campur semua bahan saus tauco kecuali cuka di dalam panci kecil, rebus hingga mendidih dan matang. Angkat dan masukkan cuka, aduk rata. 

Sambal kacang:

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih dan kacang halus hingga harum. Tuangkan santan, aduk rata. Bubuhi dengan kaldu bubuk, garam, gula pasir, cuka dan gula merah. Masak hingga matang dan mengental. Angkat. 

Source:

Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak

Gallery Resep Otak Otak Goreng

Resep Camilan Otak Otak Goreng

Resep Otak Otak Goreng Hobimasak Info

Resep Otak Otak Goreng Oleh Desi Nchie Cookpad

Resep Otak Otak Goreng Ikan Air Tawar Nila Merah Oleh Desy

Resep Otak Otak Goreng Lapis Kulit Tahu Enak Ini Cukup Mudah

Resep Otak Otak Goreng Food Drink Food Indonesian Food

Menu Buka Puasa Resep Otak Otak Sapi Goreng Renyahnya

Otak Otak Goreng Gurih Kenyal Dan Lezat Resep Resepkoki

Resep Otak Otak Goreng Loexie

Grilled Fish Cake Fried Without Coconut Milk

Resep Dan Cara Membuat Otak Otak Goreng Otak Otak Ikan

Resep Otak Otak Goreng Ikan Mas Oleh Vina Septiana Cookpad

Resep Membuat Otak Otak Goreng Bumbu Kacang Praktis Enak

Resep Otak Otak Goreng Ikan Tenggiri Saus Asam Pedas Dan

Aneka Resep Otak Otak For Android Apk Download

Resep Otak Otak Goreng Food Food Recipes Asian Snacks

Resep Otak Otak Goreng Ikan Tenggiri Resep Masakan

Resep Membuat Otak Otak Bandeng Daun Bawang Cara Modern

Resep Otak Otak Goreng Dan Frozen Oleh Yayuk Jumaeli Cookpad

Resep Otak Otak Kukus Goreng Lembut Kenyal Dan Gurih

Otak Otak Goreng

5 Cara Membuat Otak Otak Enak Dan Lezat Toko Mesin Maksindo


Belum ada Komentar untuk "Resep Otak Otak Goreng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel